URGENSI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MEREDUKSI PERUNDUNGAN VERBAL DI SMPN 4 SEWON

RISKI YANTO, HARDI PRASETIAWAN

Abstract


Perundungan atau bullying dapat bermacam-macam bentuknya, salah satunya adalah perundungan verbal berupa celaan, fitnah, kritik kejam, hinaan pribadi atau rasial. Penelitian bertujuan untuk mengkaji fenomena perundungan yang terjadi pada remaja awal di SMP Negeri 4 Sewon. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan, observasi dan telaah dokumen. Analisis isi digunakan untuk mengidentifikasi topik atau kategori dalam data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pentingnya layanan konseling individual sebagai wadah untuk pelaku dan korban bullying verbal agar dapat berbicara mengutarakan hal yang selama ini mereka rasakan dan hal yang ingin mereka sampaikan kepada satu sama lain dengan arahan dari konselor. Serta menunjukan bentuk perundungan verbal yang dilakukan pelaku (YE), mulai dari melecehkan, menggunakan verbal abuse dengan mengolok-olok orang tua dan menyebut nama korban.

Full Text:

PDF PDF

References


Astuti, I., & Yusuf, A. (2015). Perilaku Bullying Verbal Pada Peserta Didik Kelas Ix. Jurnal Pendidikan, 1–9.

Putri, S. R. A., Aditia Ismaya, E., & Arsyad Fardani, M. (2021). Fenomena Verbal Bullying di Masyarakat Pedawang. Journal.Umtas.Ac.Id, 5(2), 792–796.

Susilo, P., & Setiawati, D. (2021). Studi Tentang Perilaku Bullying Verball dan Penanganannya pada Siswa Kelas XI SMA I Al-Aly Kelitidu Bojonegoro. Jurnal BK Unesa, 12(1), 54–63.

ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352

Konadi, H. (2019). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. Ejournal Psikologi, 2019. Jurnal Psikologi, 5(2), 94–101.

Ikbal, M., & Nurjannah. (2016). Meningkatkan Self Esteem Dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Jati Agung. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.3 No.1, 33-46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.