PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI MACAM BENDA KELAS II SD MUHAMMADIYAH NOYOKERTEN

Dyah Annisa Hatmanti, Lovandri Dwanda Putra

Abstract


 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap peningkatan pemahaman siswa mengenai macam-macam benda, seperti contoh benda padat, benda cair, dan benda gas. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental One Group (pretestposttest) design. Sampel ini terdiri dari 20 siswa tanpa kelas kotrol. Pretest diberikan pada awal pembelajaran sebelum penerapan model Project Based Learning dan posttest pada akhir proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pelaksanaan Project Based Learning terhadap pemahaman siswa mengenai contoh macam- macam benda. Pengetahuan siswa setelah diterapkannya model Project Based Learning termasuk dalam kategori sedang. Untuk nilai siswa pada keterampilan membuat contoh benda padat menunjukkan peningkatan yang baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran sangat baik, untuk penelitian selanjutnya dengan model Project Based Learning dapat diperimbangkan untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231-248.

Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2019). Implementation of project based learning model to increased creativity and self-reliance of students on poetry writing skills. Journal of Primary Education, 8(1), 51-58.

Nainggolan, B., Hutabarat, W., Situmorang, M., & Sitorus, M. (2020). Developing Innovative Chemistry Laboratory Workbook Integrated with Project-Based Learning and Character- Based Chemistry. International Journal of Instruction, 13(3), 895-908.

Subeli, R., & Sapriya, S. (2020, March). Literature Study of the Influence of Project-Based Learning (PjBL) Models on Creative Thinking Ability of Students. In International Conference on Elementary Education (Vol. 2, No. 1, pp. 270-275).

Ummah, S. K., In'am, A., & Azmi, R. D. (2019). Creating Manipulatives: Improving Students' Creativity through Project-Based Learning. Journal on Mathematics Education, 10(1), 93- 102.

Virtue, E. E., & Hinnant-Crawford, B. N. (2019). “We’re doing things that are meaningful”: Student Perspectives of Project-based Learning Across the Disciplines. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.