PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR

Putri Tshania Nida Fitria Hidayat, Khafidhoh M.Pd.

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan penggunaan teknologi dalam institusi Pendidikan di era revolusi 4.0 dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Kemajuan teknologi di abad ke 21 ini membawa banyak sekali perubahan terutama dalam sistem Pendidikan di Indonesia. Para tenaga pendidik harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi pembelajaran masa kini, mereka harus mengutamakan kualitas belajar mengajar terutama dalam menghadapi generasi Z yang dimana mereka lebih mudah menguasai teknologi. Pada saat ini banyak sekali kemudahan dalam memilih media pembelajaran yang menarik dan tentunya tetap efisien bagi siswa. Berbagai macam media pembelajaran berbasis teknologi telah tersedia dan mudah diaplikasikan, disini yang akan kami terapkan yaitu penggunaan media power point dalam proses pembelajaran. Media ini menyuguhkan visual yang menarik dan itu dapat memberikan dampak positif dan mempermudah dalam proses pembelajaran siswa. Hal tersebut dapat dikembangkan oleh tenaga kependidikan, yaitu guru. Dalam peran tersebut guru diharapkan dapat memancing siswa dengan memberikan materi pembelajaran yang menarik. Sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik.

Keywords


Power Point; Pembelajaran; Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


Putri, I. P. & Sibuea, A. M. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fisika.

Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 1(2), 145-155 Uzer, Usman (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-TECH, Vol 6, No 2.

Ekawati, A., Sagala, M. S., & Simangunsong Nuzrul Meylinda. (2019). Pengaruh Minat Baca Buku Fiksi Novel Terhadap Karakter Sosial Siswa Kelas XI SMA Kartika I-2 Medan. Digilib.Unimed.Ac.Id.

Fitriana, I. (n.d.). Menguasai Bahasa Inggris: Bekal Potensial Dalam Pengembangan Wirausaha.

N Abdullah, S. C., Tulung, G. J., & Rosalina Rambing, D. R. (2020). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Untuk Murid Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar Pada Kelompok B di TK Suci Castellia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.