PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 BERBAH

Afnania Yusditiani, Dr. Yusutria, S.Pd.I., M.A

Abstract


Penguatan pendidikan karakter adalah salah satu program pendidikan yang dihasilkan pemerinah dengan tujuan agar dapat mencetak generasi muda yang cerdas baik secara kademik maupun non akademik, generasi muda juga harus kuat secara mental. Penguatan pendidikan karakter dihasilkan oleh pemerintah dan masuk dalam kurikulum 2013. Untuk dapat melakukan penguatan pendidikan karakter dapat dilaksanakan dengan adanya pembiasaan. Dengan adanya pembiasaan shalat dhuha berjamaah merupakan salah satu bentuk pembiasaan dari penguatan pendidikan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 1 Berbah. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar siswa dapat membiaskan diri melaksanakan shalat dhuha berjamaah di SMP Muhammadiyah 1 Berbah, yang dilakukan pada saat  Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 (PLP 2) metode yang digunakan yaitu  dengan metode kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil yaitu pembiasaaan shalat dhuha berjamaah yang bertujuan untuk menguatkan akhlak siswa di  SMP Muhammadiyah 1 Berbah. karakter yang di bentuk yaitu saling menghormati dan menghargai, karakter jujur, bertanggung jawab , disiplin. Pembiasaan shalat dhuha berjamaah  bermanfaaat bagi karakter siswa.

Full Text:

PDF

References


Hayati, S. N. (2018). MANFAAT SHOLAT DHUHA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Spiritualita, 1(1), 15–16. https://doi.org/10.30762/spr.v1i1.640

Josua, S. d. (2019). Nilai-Nilai Dalam Keluarga Yang Berpengaruh Terhadap Habituasi Karakter Remaja dengan Ibu bekerja. Pendidikan Karakter.

Khoirida, J. (2017). Pengaruh intensitas sholat dhuha terhadap efikasi diri siswa dalam menghadapi ujian nasional: studi kasus MI Miftahul Huda Tamansari Kecamatan mranggen Kabupaten Demak. 19. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7890/1/104411024.pdf

Listiawati. (2019). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di SDN 9 Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Pendidikan Karakter.

Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SESAMA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER RELAWAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06

Prasetyo, D., & Indriani, W. (2019). Pembinaan Karakter Disiplin Berkendara Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dan Budaya Disiplin. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.23587

Rajab. (2019). Implementasi Program Shalat Dhuha Dan Shalat Zuhur Berjamaah Dalam Pembentukan Akhlak Siswa. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam.

Sapitri, I. S. (2020). Hubungan Pembiasaan Shalat Dhuha dengan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas Indah. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166

Wahyono. (2017). Hubungan Shalat Dhuha Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Pendidikan Islam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.