Menunjang Adaptasi Teknologi di SDN Suryodiningratan 2 Melalui Program Kampus Mengajar 3

Rina Mutiara, Dhiva Ayu Ramadhani

Abstract


Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi di segala sektor dituntut untuk mengikuti perubahannya termasuk dalam pendidikan. Dalam proses pembelajaran di era revolusi sudah seharusnya para guru menerapkan teknologi dalam proses belajarnya. Dalam kegiatan Program Kampus Mengajar ini kami memiliki tempat penugasan di SDN Suryodiningratan 2. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan program kerja yang sudah disusun dan diajukan kepada pihak sekolah terutama dalam menerapkan adaptasi teknologi kepada para guru dan siswa. Metode penelitian yang akan dipakai adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang kami gunakan yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa seluruh guru dan siswa dapat menerima dengan baik penggunaan teknologi dan dapat menguasai cara kerja teknologi yang kami terapkan.

Keywords


Kampus Mengajar, Adaptasi Teknologi, Bahan Ajar Digital, AKM kelas

Full Text:

PDF

References


Purnami, N. P. M. D., Sulianingsih, N. W. W., & Widyantari, N. P. E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi. Seminar Nasional “Digital Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Strategi Dan Inovasi Pembelajaran,” 1, 25–31.

Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., AP, N., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 266–270.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Mulianingsih, F., Zainal, Mayora, Febria., & Oranda, R. (2022). ADAPTASI TEKNOLOGI BAGI GURU SMP NEGERI 3 SIMPANG TERITIP BANGKA BARAT MELALUI MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ.

Nurhasanah, A. diyan, & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.