Peran Ekstrakurikuler BTQ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMAN 1 Ngaglik

Asih Kartika Putri, Yusutria Yusutria, Januari Fitriah, Mira Ifta Rimadhani

Abstract


Pembahasan dalam artikel ini, membahas terkait peran ekstrakulikuler BTQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMAN 1 Ngaglik. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SMAN 1 Ngaglik, 2) mengetahui peran ekstrakulikuler BTQ dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an di SMAN 1 Ngaglik. Menggunakan metode penelitian kualitatif dalam penelitian untuk mendapatkan informasi dari sumber seperti perilaku yang diamati. Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMAN 1 Ngaglik, terdapat beberapa siswa yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an secara lancar dan sesuai dengan tajwid dan makharijul hurufnya. Oleh karena itu dilaksanakannya ekstrakulikuler TBQ ini dengan tujuan untuk membimbing serta mengajarkan siswa mengenai baca tulis Al-Qur’an yang baik dan benar sesuai dengan kaidahnya.

Keywords


Ekstrakurikuler; Kemampuan Membaca; Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. (2015). Management of Student Development. Yayasan Indagiri.

Anwar, S. S. (2019). Pelopor Al-Qur’an Kota Seribu Parit Indragiri Hilir : KH. Bustani Qadri. Qudwah Press.

Fatkiyah, F. (2019). Implementasi Metode Iqra’ dalam Peningkatan Kemampuan Membaca dan Aktifitas Pembelajaran Al-Qur’an Studi Kasus di Kelas II SD Negeri 2 Wates Kulon Progo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. El-Tarbawi, 12(1), 93–110.

Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Khasanah, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartil Bagi Santri Di Pondok Pesantren Al Fatimiyyah Al Islamy Desa Adiluhur Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur. Skripsi, 1–133.

Kirana. (2015). Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Baca Al’Qur’an Pada Siswa Jelas II IPS di SMA Negeri 1 Tanalili Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. 1–76.

Maros, H., & Juniar, S. (2016). Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Kalangan Remaja Di Desa Sukaramai Kecamatan Sibabangun.

Muslimah, & Marzuki. (2021). Aktivitas Positif Baca Tulis Al-Quran Dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama 4 Merangin. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 11, 1–16.

MUSTAFA, K. (2019). Peranan Kegiatan Estrakulikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Prestasi Siswa Pendidikan Agama Islam SMP Muhammadiyah 10 Kota Makassar.

Poetri, M., & Bahruddin, E. (2019). Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Al-Muasyarah Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(5).

Raharjo, S. R. (2013). Pengembangan & Inovasi Kurikulum. Azzagrafika.

Sapuroh, S. (2022). Efektivitas Ekstrakulikuler BTQ Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Smpn 9 Rejang Lebong. Educator : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2, 63–70.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. ALFABETA, CV.

Yudiyanto, M. (2021). Revitalisasi Peran Ekstrakulikuler Keagamaan di Sekolah (R. Fauzian (ed.)). Farha Pustaka.

Yuniarti, K. (2021). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII (Studi Kasus di SMPN 1 Balong).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.