Dinamika Penerapan Visi dan Misi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Pleret

Muhammad Fajrul Mahardhika, Dr. Yusron Masduki, S.Ag., M.Pd.I.

Abstract


Dinamika merupakan suatu arti yang dimana mengandung kekuatan didalamnya yang selalu bergerak dan berkembang didalamnya. Dinamika didalam sekolah merupakan suatu yang berkembang dalam penerapan suatu visi dan misi yang sesuai dengan Lembaga Pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dimana dalam pengambilan data dilakukan dengan pendekatan fenomenologi. Visi dan Misi dalam sekolah merupakan suatu gambaran besar atau suatu tujuan utama oleh suatu Lembaga Pendidikan dan berupa cita-cita yang beorientasi masa kini. Pembelajaran Pendidikan agama islam merupakan suatu pembelajaran yang diberikn untuk membentuk kepribadian peserta didik yang paham tentang mengenai agama islam sesuai dengan visi dan misi sekolah tersebut. Dinamika dengan penerapan visi dan misi sangat lah berkesinambungan sehingga dalam pembelajaran Pendidikan agama islam sangat penting perannya untuk membentuk peserta didik yang berakhlak baik dan paham tentang Pendidikan yang didasari oleh agama islam.


Keywords


Dinamika, Visi Misi, Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Edusiana.

Anna, Lisana, Yudianti. (2018). Implementasi Visi dan Misi Sekolah dalam Membina Karakter Religius Siswa. Tesis UIN Sunan Kalijaga, 2-3.

Aziz, A. A. (2020). Pendidikan Islam sebagai Upaya Ma'rifatullah. Adaara, 174-186.

Citra Ayu Anisa, Rahmatullah. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under, 77-78.

Dodi, ardi, kuniadi; Sugiyono. (2016). Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Visi dan Misi SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 184.

Elihami, E. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Probadi Yang Islami. Jurnal Pendidikan, 1.

Hafizin; Herman. (2022). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 100-101.

Khair, H. (2022). Al-Qur'an dan Hadist Dasar Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Keagamaan, Kemasyarakatan.

Khairuddin, A. (2018, Juni). Epistemologi Pendidikan Islam di Indonesia. Ijtimaiyah.

Nai'm, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung.

Salim, A. (2018). Eksistensi Moderasi Islam dalam Kurikulum Pembelajaran PAI di SMA. Al-Tadzkiyyah, 181-214.

Sugiarto, H. (2020). Inovasi Pembelajaran PAI dalam Pelajaran PAI. Jurnal Pedagogik.

Suryani, I. (2021). Rukun Iman dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Islam and Contempapary Isue.

Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam (Konsep Metode Pembelajaran PAI). Yogyakarta : Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.