Dinamika Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Mlati Pasca Pandemic Covid-19

Agus Febri Susanto, Yusutria Yusutria, Fajar Setiawan, Muhammad Maulidan Anshori, Nabila Mayalibit

Abstract


Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Mlati pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dimana teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan juga melihat langsung proses pembelajaran disekolah. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Mlati mengalami perubahan pasca pandemi Covid-19 terutama dari segi sistem pembelajarannya dimana jam pembelajaran dikelas menjadi dikurangi serta juga proses pembelajaran yang dilakukan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker guna tetap mencegah penyebaran virus Covid-19. Praktik dan juga dampak pembelajaran online terhadap pembelajaran luring (tatap muka) yang dilakukan tentunya perlu peningkatan dari segi pelaksanaanya sendiri guna tercapainya tujuan pendidikan.

Keywords


Dinamika, Pembelajaran PAI, Pasca Pandemi

Full Text:

PDF

References


Eriani, E. (2020). Mitra Ash-Shibyan Blended Learning : Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(01), 11–21.

Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784

Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1), 76–90. https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.502

Mansyur, A. R. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(1), 117.

Maros, H., & Juniar, S. (2016). Meneropong Peluang, Tantangan, dan Strategi Pengembangan SDM di Masa Pandemi. 1–23.

Mubin, M. N. (2021). Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Sederajat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 16–31. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-02

Muskania, R. T., & MS, Z. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 160.

Novia, W., & Wasehudin, W. (2021). Dampak Pandemi Covid Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pai. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 8(1), 23–37. https://doi.org/10.17509/t.v8i1.28551

Putra, M. E. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 45. https://doi.org/10.47453/permata.v3i1.640

Rahma Sabara, A. H. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Pai Berbasis Blended Learning Pasca Pandemi Covid-19 Di Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. Jurnal.Uinbanten.Ac.Id, 9(01), 507–516.

Rahmatullah, N. H. dan M. A. (2022). pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 Studi Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 73.

Ramadhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Universitas Garut, 08(1), 28–37. https://doi.org/10.1177/002218568402600108

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif (S. Sarosa (ed.)). PT Kanisius.

Suherman, H. (2021). Problematika dan Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(2), 199. https://doi.org/10.36667/tf.v14i2.533

Tang, M. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Merespon Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 717–740. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3173

Yulianingsih, D., Hidayat, M., & Nabila, F. A. (2022). Penanaman Nilai – Nilai Islami bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Laras. 2(1), 63–69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.