Nilai Budaya Sekolah Guna Meningkatkan Nilai Karakter Siswa di SMK Muhammadiyah Mlati

M Akhmad, Arif Rahman

Abstract


Budaya sekolah merupakan pembiasaan wargasekolah dalam menjalani aktivitas kesehariannya. Budaya sekolah yang bersifat religi akan menjaga nilai karakter peserta didik agar tidak keluar dari koridor nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif naratif untuk mengetahui fenomena yang ada di SMK Muhammadiyah Mlati terkait metode pendidikan nilai karakter yang diterapkan di sekolah tersebut melalui penerapan budaya sekolah yang ada. Penerapan budaya sekolah yang ada diantaranya seperti Tapak Suci, HIzbul Wathan, Qira’ah, Sholat Duhha, Tadarus Pagi, Sholat Dzuhur dan Jum’at berjamah, mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan berdoa, membaca Asmaul Husna ketika pembelajaran Ismuba, penertiban kegiatan keagamaan dengan monitoring wajib presensi seusai kegiatan. Dan dari kegiatan budaya sekolah yang ada menjadikan peserta didik lebih tertata dan terkondisi dalam menerapkan pendidikan nilai-nilai karakter dalam mengurangi pergeseran nilai.


Keywords


(Nilai Karakter, Budaya Sekolah, SMK Muhammadiyah Mlati)

Full Text:

PDF

References


Agustina Dwi E, I. Y. D. P. (n.d.). Studi Keluarga Dengan Latar Belakang Keluarga Broken Home di Kota Kediri. Konseling Kearifan Nusantara (KKN) 2 Dan Call For Papers, Vol 1,

Hasnadi. Penerapan Nilai-NIlai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, vol 3, no 2, 2019.

Hendayani, M. Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol 7, no 2, 2019.

Karlina, L. Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, vol 1, no 1, 2020.

Kezia, P. N. Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, vol 5, no 2, 2021

Moh. Wahyu Kurniawan. Penguatan Karakter Religus Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Elementary School, vol 8, no, 2, 2021.

Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay, M. A. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Prenada Media, 2016.

Salsabilah, D. Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, vol 5, no 3, 2021.

Silkyanti, F. Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, vol 2, no 1, 2019.

Srilestari. Pengembangan Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) di SD Muhammadiyah Bendo Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Sosiologi, vol 10, no 1, 2022.

Sutarman, Y. The Education of School Cultural Values to Increase the Students’ Character Values of the Muhammadiyah School in the Pandemic covid 19 Era. Journal Of Basic Education, vol 5, no 2, 2021.

Rhamayanti, Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. 2021.

Rianawati. (n.d.). Implementasi Nilai-Nilai karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. IAIN Pontianak Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.