PROBLEMATIKA GURU DALAM ADAPTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 3 BERBAH DAN SOLUSINYA

Tian Bayu Pratama, Rahma Sapitri, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika guru dalam adaptasi kurikulum merdeka di SMPN 3 Berbah Yogyakarta serta mengetahui apa saja solusinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan jenis pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang di alami guru dalam adaptasi kurikulum merdeka di SMPN 3 berbah yaitu (1) belum memahami penyusunan modul (2) referensi RPP yang masih terbatas (3) Hambatan dalam pembelajaran diferensiasi dan (4) keterbatasan penggunaan media. Berdasarkan hasil penelitian di atas membuktikan bahwa adaptasi guru terhadap kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka sangat penting supaya tujuan kurikulum tercapai

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.

Cikka, H., Kahar, M. I., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Problematika Guru Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 3(2), 108–115. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.137

Hamdani. (2020). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Kurikulum 2013 (K-13) Di SMP Negeri 1 Kepahiang. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Mulbar, U., Bernard, B., & Pesona, R. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(1), 1–6.

Sari Ramdhani, I. (2020). Disrupsi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Merdeka Belajar Di Era Kenormalan Baru. Universitas Muhammadiyah Tangerang, 8(2), 17–28.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.

Shofa, R. (2017). Kreatifitas Guru Dalam Mengatasi Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 02 Durenan Trenggalek. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Shofi, M., & Kalimatusyaro, M. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Antartika Sidoarjo. FATAWA: Jurnal …, 1, 207–218.

Sukraini, K. N. & N. (2021). Pendekatan Konsep “Merdeka Belajar” Dalam Pendidikan Era Digital. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 22–34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.