Pengaruh Gender terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MAN 2 Bantul

Difta Iftiyaqi Wahyuda, Aisyah Rini Ratri, Okimustava Okimustava

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gender terhadap hasil belajar fisika kelas X di MAN 2 Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto. Sample menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 yang jumlah total 70 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan hasil ulangan harian fisika dengan menggunakan soal sebanyak 15 butir dengan jumlah 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. Untuk analisis data menggunakan one way anova. Berdasarkan uji anova diperoleh nilai sigifikansi 0,913 > 0,05 maka H0 diterima. Sehingga variansi memiliki rataan sama. Dengan kata lain, gender atau jenis kelamin tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika di MAN 2 Bantul. Dengan demikian, hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu faktor dari dalam (internal) dan faktor dari luar (eksternal). Faktor dari dalam dipengaruhi oleh diri siswa sendiri sedangkan untuk faktor luar dipengaruhi oleh guru atau pendidik, lingkungan dan keluarga.


Keywords


Gender ; hasil belajar ; fisika

Full Text:

PDF

References


Eka Yan Fitri, M., & Chairoel, L. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Gender Terhadap

Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Benefita, 1(1), 162. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.3849

Erna, N., Utami, S., Yonanda, D.A (2020). Hubungan gender terhadap prestasi belajar siswa. Smyth

, 144–149.

Fajaruddin, S., Retnawati, H., Prihono, E. W., & Yusron, E. (2021). Mungkinkah gender

mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak ? 9(2), 127–134.

Harso, A., & Merdja, J. (2019). Motivasi belajar dan prestasi belajar fisika ditinjau dari jenis kelamin.

SPEJ ( Science and Physiscs Education Journal), 3.

Hermawan, W., Abidin, Z., Junaedi, E., Kuningan, U., & Kuningan, U. (2018). PERAN GENDER

DAN KESADARAN METAKOGNITIF SISWA SMA. Quagga : Jurnal Pendidikan Biologi,

(2). https://doi.org/10.25134/quagga.v10i2.904.Received

Karani, H., & Taufik, A. (2021). Manfaat Pembagian Ruang Belajar Berdasarkan Gender Dalam

Peningkatan Mutu Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1901–1906.

Mz, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah, XII, 14–31.

Oktavia, Magdalena Lolita.2014.”Pengaruh Perbedaan Gender Terhadap Hasil Belajar Fisika

Aspek Produk Dan Proses Pada Siswa Kelas IX “Honesty” SMP Joannes Bosco Semester Ganjil

Tahun Ajaran 2013/2014 Pada Pokok Bahasan Hukum Ohm Dan Rangkaian Seri-Paralel

Melalui Metode Inkuiri Terbimbing”.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas

Sanata Dharma Yogyakarta.Yogyakarta

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Riana, R., & Slamet, H. W. (2013). Pengaruh kedisiplinan belajar dan jenis kelamin terhadap hasil

belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Pucakwangi Pati tahun ajaran 2012/2013

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saraswati, Enggar.2015. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-laki Dan Perempuan Dalam Mata

Pelajaran Matematika Kelas III Semester 2 Materi Sudut Dan Pecahan di SD Negeri Se-Desa

Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman”.Fakultas Pendidikan.Universitas Negeri

Yogyakarta.Sleman

Setiawatii, G. A. D., & Arsana, anak A. P. (2018). The Effect of Learning Motivation and Gender on

Science Learning Achievement of Bilingual Class Student SMP ( SLUB ) Saraswati 1 Denpasar.

Proceeding Biology Educational Conference, 15(1).

Sijabat, O. P., Simanjuntak, T., & Sijabat, A. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Online

Terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sd Negeri. 2, 214–229.

Sulistiana, Sriyono, & Nurhidayati. (2013). Pengaruh Gender , Gaya Belajar , Dan Reinforcement

Guru Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Sma Negeri Se-Kabupaten Purworejo.

Radiasi, 3(2), 102–106

Suparlan. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Jurnal Keislaman Dan Ilmu

Pendidikan, 1(2), 79–88

Wahyudi, Astriani, & Nurhayati. (2014). Penerapan Model Direct Instruction Terhadap Hasilbelajar

Fisika Materi Pengukuranditinjau Dari Gender Pada Siswa. UNSRI E-Journal, 178–186.

Yumniyati, Khisna.2016.”Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Kelas X Pada Materi Geometri Dikontrol Dengan Kemampuan Spasial Di SMA N 13 Semarang

Tahun Pelajaran 2015/2016”.Fakultas Sains dan Teknologi.Universitan Islam Negeri

Walisongo Semarang.Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.