Analisis Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SD Muhammadiyah Prambanan

Edo Ramdhan Alviandi, Elsa Maulidya, Feri Budi Setyawan

Abstract


Penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan shalat dhuha merupakan bentuk penanaman nilai moral khususnya religius. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (a) bagaimana pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha peserta didik SD Muhammadiyah Prambanan; (b) bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik di SD Muhammadiyah Prambanan; (c) bagaimana pembiasaan shalat dhuha dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SD Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Prambanan dengan subjek penelitian yaitu peserta didik SD Muhammadiyah Prambanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter religius pada peserta didik dapat tercapai dengan menanamkan pembiasaan shalat dhuha di SD Muhammadiyah Prambanan. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang menunjukkan pengaruh pembiasaan shalat dhuha yaitu peserta didik menyadari bahwa ibadah itu sangat penting bagi kehidupan sebagai manusia baik ibadah sunnah maupun wajib. Peserta didik mulai memahami bahwa sebagai manusia yang beriman, peserta didik harus mengawali semua kegiatan baik (belajar/menuntut ilmu) dengan berdoa dan memohon keberkahan kepada Allah SWT, serta tawakal atas segala urusannya

Full Text:

PDF

References


Periodicals:

Elihami, & Ekawati. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan ANak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, p. 16.

Hibana, Kuntoro, & Sutrisno. (2015). Pengembangan Pendidikan Humanis Religius di Madrasah. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi dan Aplikasi, 19-30.

Jihan, Imas, S. (2018). Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah (Tela'ah Hadits Nabi Tentang Perintah Mengajarkan Anak Dalam Menjalankan Sholat). Journal of Childhood Education. 147-175

M, H. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, p. 183.

Muhsinin. (2013). Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Membentuk Karakter siswa yang Toleran . Jurnal Pendidikan Penelitian Islam, 205-228.

S, B. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, pp. 425-235.

Yuanita, Tri, R., Diyah, & Romansa, R. (2018). Pengaruh Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa. Journal Of Curriculum and Education Technology Studies, 22-32.

Books:

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

J, M. L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syarbini, Amirulloh. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.