Analisis Strategi Pengelola Perpustakaan Prapanca SMA Negeri 2 Bantul dalam Membangun Budaya Literasi Siswa

Aanisah Aulia Zulfaa, April Liati, Nani Aprilia

Abstract


Abstrak: : Latar belakang penelitian ini bermula dari pentingnya budaya literasi di lingkungan sekolah. Peran pustakawan sangat penting dalam meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi yang dilakukan pustakawan dan masalah yang dihadapi dalam mengembangkan budaya literasi siswa di perpustakaan SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada kepala perpustakaan  dan penyebaran angket kepada 68 siswa.  Teknik analisis data menggunakan reduksi data, dilanjutkan penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk angket menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini dapat dirangkum, strategi yang digunakan pustakawan dalam mengembangkan budaya literasi siswa di Perpustakaan Prapanca SMA N 2 Bantul  diantaranya :  1) Pembiasaan literasi 15 menit sebelum dimulai jam pelajaran. 2) Pengasahan Bakat Literasi Siswa berupa pembuatan karya. 3) Pemberian Penghargaan sebagai best reader. 5) Pengelolaan ruangan perpustakaan seperti adanya sejumlah pojok baca. 6) Pengadaan pustakawan muda. Selain itu juga terdapat strategi eksternal yaitu 1) Melakukan kerjasama dengan pihak luar yaitu seperti kolaborasi dengan SMA lain di Yogyakarta untuk tukar koleksi buku. 2) Pengadaan peminjaman buku kepada tahanan lapas Yogyakarta yang nantinya akan diperbarui secara rutin.


Keywords


Literasi, Perpustakaan, Strategi

Full Text:

PDF

References


Ali, S. S. dan S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing

Ambar, F. G. dan L. W. (2018). Pembudayaan Gerakan Literasi Informasi Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edulib, 8(2), 172.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Batubara, Hamdan Husein dan Dessy Noor Ariani. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPSD. Vol. 4, No 1, ISSN 2540-9093, E-ISSN 2503- 0558, Hal 15-29, Maret 2016

Dominguez, N., Garcia, I., Martino, J., & Mendez, A. (2015). The School Librarian as Motivational Agent and Strategist for Reading Appreciation. Journal of Librarianship and Information Science, 1(11). http://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/0961000615591650.

FARHANI RAHMATILLAH, N. I. M. (2018). STRATEGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SMPN 10 PALEMBANG (Doctoral dissertation, Program Studi Ilmu Perpustakaan).

Fath, Z. Al, Sholina, A., Isma, F., & Rahmawan, D. I. (2018). KEBIJAKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (Konsep dan Implementasi). Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 339–353. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.19

Harahap Hamjah Mukti, D. (2017). Pengembangan Program Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 1(2), 30–31.

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/990

Nia, H. S. dan L. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan dan Pengembangan Literasi Di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basa Taka, 1(2), 30–31.

Niswaty, Risma, Muhammad Darwis, Dian Andriani M, Muh. Nasrullah, Dan Rudi Salam. (2020).Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 8(1):66. Doi: 10.24252/Kah.V8i1a7.

Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599

Rodin, Rhoni. (2013). Peluang Dan Tantangan Penerapan Otomasi Perpustakaan Di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan 1(1):73. Doi: 10.24198/Jkip.V1i1.9613.

Saputro, A. S. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 2 Bantul. Jurnal Kebijakan Pendidikan, VI(3), 319–330.

Susilawati, & Muhammad Sulhan. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Tingkat Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(2), 261–273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458

Trianggoro, I. R. W., & Koeswanti, H. D. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 355. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40629


Refbacks

  • There are currently no refbacks.