PERAN GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Aretsa Ayunda Ayunda, Fransisca Wulandari, Umi Rahmawati, Widya Septiana, Yusron Masduki

Abstract


 Ilmu sangatlah penting sebagai bekal untuk masa depan, namun tetap membutuhkan nilai-nilai terkait akhlak moral dan juga etika agar hasilnya maksimal. Dalam mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan penanaman strategi dan metode yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan prestasi. Kurangnya motivasi dan prestasi yang dimiliki peserta didik disebabkan karena pandemi, sehingga pihak sekolah dan guru harus menyusun perencanaan dari segi strategi dan metode pembelajaran untuk memaksimalkan proses belajar-mengajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk membahas secara mendalam terkait strategi dan metode yang digunakan oleh lembaga pendidikan di Sekolah. Metode penelitian yang digunakan yakni kajian kepustakaan, dimana sumber-sumber penelitian yang diambil berasal dari kajian terdahulu seperti jurnal, buku teks, artikel, makalah, tesis, disertasi, skripsi, dan lain sebagainya. Dari hasil yang telah peneliti lakukan, didapatkan kesimpulan dengan memanfaatkan aplikasi Geschool, peserta didik di Sekolah mendapatkan pengalaman belajar karena memanfaatkan media online sebagai media pembelajaran, sehingga tidak membosankan karena terdapat keberagaman fitur didalamnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.