Analisis Permasalahan Pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri Bangunrejo 2

Aisyah Nur Ilfiana, Agung Prabawa, Ika Maryani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui permasalahan pada pembelajaran IPA di SDN 2 Bangunrejo yang dihadapi oleh peserta didik.

 Teknik wawancara, observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data..  Subjek dari penelitian adalah peserta didik kelas VI  SD N Bangunrejo 2 yang berjumlah 7 orang. Penelitian ini menemukan berbagai permasalahan dalam pembelajaran IPA yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPA, yaitu 4 dari 7 peserta didik belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah ditemukannya permasalahan pembelajaran IPA yaitu motivasi belajar peserta didik yang kurang, terdapat anak berkebutuhan khusus, media pembelajaran yang kurang maksimal, perangkat pembelajaran yang kurang efektif serta rendahnya konsentrasi peserta didik.

Keywords


Permasalahan, IPA, SD

Full Text:

PDF

References


Aeni, W. N., Darusman, Y., & Mahendra, H. H. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Benda Konkret Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal UNS, 2, 153.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains, 3, 33.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2, 102–103.

Halil, A., Yanis, A., & Noer, M. (2015). Pengaruh Kebisingan Lalulintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4, 54.

Hermawan, I. (2019). Metodelogi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode). Hidayatul Quran Kuningan.

Karo-karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7, 91.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Penerbit Ediide Infografika.

Lestari, A. S. (2020). Narasi dan Literasi Media dalam Pemahaman Gerakan Radikalisme Konsep dan Analisis. PT. RajaGrafiindo Persada.

Mintono. (2019). Efektifitas Antara Metode Pembelajaran Bervariasi dengan Metode Konvensional pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Muhammadiyah Kudus Tahun Pembelajaran 2017/2018 (Uji Eksperiman).

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3, 69.

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA, 7, 172–173.

Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rosyidah, M., & Fijra, R. (2021). Metode Penelitian. CV Budi Utama.

Santoso, D. S. S. (2017). Dampak Impelementasi Metode Pembelajaran Koopratif Tipe Jigsau di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3, 446.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 73–82.

Trisnawaty, F., & Slameto. (2017). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 4 SD. Jurnal Satya Widya, 38–44.

Wirartha, I. M. (2006). Metodelogi Penelitian Sosial Ekonomi. CV. Andi Offset.

Yulistiana, & Setyawan, A. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9. Prosiding Ikip PGRI Bojonegoro, 724–730.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.