Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Berbasis Kuis sebagai Alat Ukur Hasil Belajar Siswa pada Materi Biologi di SMAN 1 Kasihan

Siti Najah Ghoida, Isna irana Sausannuri, Trianik Widya ningrum

Abstract


Abstrak: Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan dua orang atau lebih secara berkelompok untuk mendapatkan informasi, yang dapat diperoleh dari suatu lembaga formal maupun non formal. Terlaksananya suatu pembelajaran membutuhkan fasilitas alat evaluasi dengan memanfaatkan teknologi yang bertujuan untuk membantu penyampaian materi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan aplikasi Kahoot berbasis kuis sebagai alat ukur hasil belajar siswa pada materi Biologi di SMAN 1 Kasihan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket melalui google formulir. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kasihan Bantul pada bulan Agustus 2022. Analisis data secara deskriptif. Berdasarkan hasil responden peserta didik, lebih dari 50% sampel memberikan pengaruh positif terhadap penggunaan media pembelajaran media pembelajaran aplikasi kahoot. Kahoot secara efektif digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dan dapat digunakan sebagai alat ukur hasil belajar peserta didik. Penggunaan kahoot juga tidak membebani peserta didik sehingga mereka tidak merasa kesulitan.


Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict “Kahoot” Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118

Anggani, A. D. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Struktur Fungsi Jaringan Hewan Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Muntilan Identification of Learning Difficulty the Structure Function of Animal. 39–50.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2016). Naskah Akademik Instrumen Penilaian: Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Baetina, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kahoot Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Sma/Ma X. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 6(1), 38–43. https://doi.org/10.31949/be.v6i1.2650

Bahar, H., Setyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L., (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran. KANCANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155-162.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149. https://doi.org/10.22373/jid.v12i1.444

Iwamoto, & Darren. (2017). Analyzing The Efficacy Of The Testing Effect Using Kahoottm On Student Performance. Turkish Online Journal Of Distance Education-TOJD.

Izza, F. R., Retnoningsih, A., & Pukan, K. K. (2018). Pengembangan Kunci Determinasi Tumbuhan Hasil Eksplorasi Hutan Wisata Guci Kabupaten Tegal Untuk Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal of Conservation, 7(2), 119–130.

Kustandi, C. dan B. Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor.

Ghalia Indonesia

Lestari, I. D. (2020). Kahoot sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1), 522–527. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4050

Lin, D.T.A., Ganapathy, M., and Kaur, M. (2018). Kahoot! It: Gamification In Higher Education, Pertanika. Journal Soc. Sci. Humanit. Vol. 26. No. 1, pp 565-582.

Lubis, N. Y., Islam, U., Sumatera, N., & Siswa, H. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif-STAD Berbantuan Game Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biolokus, 4(2), 97–103.

Nadhifah, U., Yasti Agustin, H., Biologi, T., & Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, F. (2020). Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Jenjang Sma Se-Jawa Timur. Jurnal Al-Hikmah, 83, 83– 92.

Perdana, I., Saragi, R. E. S., & Aribowo, E. K. (2020). Students ’ Perception of Utilizing Kahoot In Indonesian Language Learning. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(02), 290–306.

Setiawati, H. D., Sihkabuden, & Adi, E. P. (2019). Pengaruh Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Blitar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 273–278.

Slovin, M.J., 1960. Sampling, Simon and Schuster Inc. New York

Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3226

Suciati, Vincentrisia, A., & Ismiyatin. (2015). Application of learning cycle model (5E) learning with chart variation towardstudents’ creativity. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3502

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.