Evaluasi Penerapan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Kelas 5 Tema 3 di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1

Finka Arya Juwita, Heni Siswantari, Tias Lesinia Yusita, Ucik Wulandari

Abstract


Salah satu sistem pengajaran terbaru dalam kurikulum 2013 yaitu adanya sistem tematik. Sistem pembelajaran ini mengintegrasikan berbagai materi dalam beberapa mata pelajaran menjadi satu kelompok yang dibagi kedalam tema-tema. Sistem ini tentunya juga menuntut para siswa dan guru untuk secara kreatif dalam mengembangkan berbagai pola metode pembelajaran. Salah satu sekolah yang mengadopsi kurikulum 2013 berbasis tematik yaitu SD Muhammadiyah Ambarketawang 1. Dalam implementasi sistem pembejaran tersebut, tentunya diperlukan suatu evaluasi apakah penerapan kurikulum 2013 berbasis tematik ini telah dijalankan dengan baik di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 sehingga apabila terdapat kekurangan bisa diperbaiki kedepannya. Penelitian ini membatasi tinjauan yaitu lebih terkhusus kepada siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 pada tema 3. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil dan kesimpulan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran tema 3 kelas 5 SD Muhammadiyah sudah cukup baik. 


Full Text:

PDF

References


Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Alfabeta.

Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Gava Media.

Hamalik, O. (2016). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara.

Hidayat, N. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Pondok Pesantren Pabelan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 95-106.

Karli, H. (n.d.). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2016 di Sekolah Dasar. In BADAN PENDIDIKAN KRISTEN PENABUR (BPK PENABUR).

Magdalena, I., Maula, N. H., Amelia, S. A., & Ismawati, A. (2020). Evaluasi Penerapan Pembelajaran K13 di Sekolah Dasar Dharmawati Arief Tangerang. Manazhim, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.596

Prastowo, A. (2019). Analalisis Pembelajaran Tematik Terpadu. PRENADAMEDIA.

Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 343–357.

Zulkifli, M. (2018). Analisis Bentuk Evaluasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Mi. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 125–143. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.29


Refbacks

  • There are currently no refbacks.