PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI SMA NEGERI 1 GAMPING

Savira Ega Permatasari, Maulidia Zalfa Nadhira, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Proses pembelajaran di dalam kelas memiliki beberapa unsur sebagai penunjang pembelajaran, salah satunya yaitu media pembelajaran. Dalam proses pembelajaran di dalam kelas, media pembelajaran berperan sebagai alat pembalajaran. Metode di dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini mendeskripsikan dari data yang ditemukan tanpa melibatkan angka di dalamnya. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui problematika apa yang dialami guru selama menggunakan media pembelajaran digital di SMA Negeri 1 Gamping. Wawancara dan observasi adalah teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini. Kemudian analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat problematika guru dalam mengembangkan media pembelajaran digital di SMA Negeri 1 Gamping tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia, namun terdapat faktor lainnya yang menjadi pengaruh seorang guru kesulitan dalam mengimbangi perkembangan teknologi yaitu, kurangnya minat seorang guru dalam belajar IT (Information Technology) dan merancang media pembelajaran digital.

Keywords


Guru, Media Pembelajaran, dan Digital

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014.

Akbar, M. N., Dama, L., Ibrahim, M. A., Mabuia, S. A., & Uno, A. H. (2022). Analisis Permasalahan Guru SMA terkait Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Selama Proses Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning di Kabupaten Bone Bolango. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 111–120. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1483

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167. Retrieved from http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/

Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. L Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110.

Marihot, Y., Sari, S., & Endang, A. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) (Vol. 1, Issue 1).

Marunduri, A. W., & Wirdati, W. (2021). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum 2013. An-Nuha, 1(4), 500–509. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.129

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. JSER: Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50.

Nasution, W. N. A., & Nisa, K. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Mahasiswa Fkip Una. Jurnal Dialog, (September). Retrieved from http://jurnal.una.ac.id/index.php/jd/article/view/387%0Ahttp://jurnal.una.ac.id/index.php/jd/article/viewFile/387/333

Nursafitri, S., Huda, M. F., Solina, A., & Silfiyana. (2021). Problematika dalam Penerapan Media Pembelajaran yang Berlaku di MI / SD. Prosiding SEMAI, 793–808.

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54

Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. IAIN Antasari Press, 1–123.

Saputri, W. S., P, M. I., & Hidayat, T. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Proses Belajar di Masa Pandemi Covid-19 Sdn 2 Tulakan, 1–8.

Suranto, A. (2019). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Kelas Rendah di SDN Mukiran 03. Publikasi Ilmiah, 5, 1–12.

Syaifi, A. (2015). Profesi Keguruan Konsep dan Aplikasi. In Samudra Biru (Vol. 1, Issue 2).

Taopiqurohman, Ismaya, B., & Susianti, E. (2022). Problematika Guru Dalam Memodifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Mts Ghoyatul Jihad Karawang. JSPEED, 5(1), 79–90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.