Persepsi Siswa terhadap Pemanfaatan Buku Fiksi dan Nonfiksi sebagai Media Literasi Membaca

Bagus Prayoga, Wijayanti Ismail, Dedi Wijayanti

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pemanfaatan buku fiksi dan nonfiksi sebagai media literasi membaca. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Bantul dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII H. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan kuesioner (angket).  Penelitian ini menghasilkan persepsi siswa terhadap pemanfaatan buku fiksi dan nonfiksi sebagai media literasi membaca yaitu dari 15 pernyataan dalam angket, diambil 8 pernyataan yang dianggap paling berkaitan dengan topik penelitian. Diantaranya persentase siswa kelas VIII H yang suka membaca yaitu 73,3%. Kedua, 13,3% siswa membaca buku di perpustakaan atas dasar keinginan diri sendiri. Ketiga, siswa yang membaca buku ketika jam istirahat sekolah hanya sebesar 16,7%. Keempat, semua siswa kelas VIII H mengetahui perbedaan buku fiksi dan nonfiksi dengan persentase 100%. Kelima, semua siswa pernah membaca buku fiksi dengan persentase yang sama yaitu 100%. Keenam, sebesar 83,3% siswa pernah membaca buku nonfiksi. Ketujuh, jenis buku fiksi yang pernah dibaca siswa paling banyak adalah komik (60%) dan novel (50%). Terakhir, buku nonfiksi yang pernah dibaca siswa paling banyak adalah buku motivasi/self improvement (43,3%) dan biografi pahlawan (36,7%).

Keywords


Pemanfaatan, buku fiksi, nonfiksi, dan literasi membaca.

Full Text:

PDF

References


Hapsari, Y. I., Iin P., & Veriliyana P. 2019. Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review. Semarang: Universitas PGRI.

Lubis, Silvia S. W. 2020. Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan. Aceh: UIN Ar-raniry Banda Aceh.

Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahmatika, Nurisma. (2022, 4 April). Buku Fiksi dan Nonfiksi: Pengertian, Ciri, Perbedaan. Medcom.id. Diperoleh dari https://www.medcom.id/amp/1bVqgBQN-buku-fiksi-dan-nonfiksi-pengertian-ciri-perbedaan

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.