Persepsi Pembelajaran Biologi Menurut Siswa Kelas X MIPA dan IPS Di Sma Negeri 1 Jetis

Mia Zubaidah Mufiqoh, Syifa Pangastuti, Della Chika Sekaring Tyas, Etika Dyah Puspitasari, Wiwin Sri Rahmawati

Abstract


Persepsi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dan awal terbentuknya minat belajar. Informasi yang diterima seseorang akan memberikan persepsi, baik positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perspektif siswa IPA dan IPS terhadap pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Instrumen yang digunakan yakni lembar kuesioner yang telah divalidasi oleh ahli. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 288 siswa kelas X. Sampel yang digunakan yaitu 140 siswa kelas X yang dipilih secara acak menggunakan teknik random sampling. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Jetis pada bulan September 2022. Hasil diketahui bahwa persentase keseluruhan aspek minat belajar siswa diperoleh pada siswa MIPA sangat tinggi (89,19%) sedangkan siswa IPS tinggi (80,85%). Pada keseluruhan aspek sikap siswa diketahui sikap siswa MIPA masuk kategori tinggi (82%) sama dengan siswa IPS (80,7%) kategori tinggi. Pada keseluruhan aspek motivasi siswa diperoleh motivasi siswa MIPA sangat tinggi (90,44%) sedangkan siswa IPS tinggi (79,74%), Pada keseluruhan aspek kemandirian siswa diperoleh dari siswa MIPA masuk kategori tinggi (74,67%) dan IPS sedang (68,72%).


Keywords


Persepsi, Biologi, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aina, M., Budiarti, R. S., Muthia, G. A., & Br. Purba, D. A. (2021). Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik SMA Pada Pembelajaran Daring Selma Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Biology Education Research, 2((1)), 1-12.

Amizera, S., & Destiansari, E. (2020). Penerapan Pembelajar Biologi Lintas Minat dengan Pembuatan Model Sel 3D Terhadap Pencapaian KKM Peserta Didik XI IPX di SMA LTI IGM Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(1), 37-42.

Andriyanto. (2019). Pengaruh Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 3 Merangin Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika, 4((1)), 19-25.

Anggraini, L., & Perdana, R. (2019). Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 190-199. 10.32699/spektra.v5vi2i.103

Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8((1)), 35-43.

Hendrayana, A.S. (2014). Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa BIDIKMISI di UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 15(2): 81-87

Ilhamdi, Mohammad Liwa., Santoso, Didik & Astuti, Sri Prapti. (2020). Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat. Jurnal J.Pijar MIPA, 15(2), 135-139.

Juliani, Khairina. (2014). Hubungan Persepsi Siswa tentang Pengelompokan Kelas IPA-IPS dan Minat Belajar Siswa di MAN 4 Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nurlia, Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan dengan hasil belajar biologi siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321-328.

Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Dewi, D. K., & Agustina, L. (2020). Apserpsi Berbasis Linngkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1-4.

Oktarin, S., Auliandari, L., & Wijayanti, T. F. (2018). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA YKPP Pendopo. BIOEDUSCIENCE, 2((2)), 104-115.

Pratama, Y. M. P., Iswari, R. S., & Ngabekti, S. (2018). Korelasi Persepsi Dan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Lintas Minat Biologi SMAN 1 Ambarawa. Jurnal Phenoomenon, 08(1), 57-67.

Priyatma, B., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. (2019). Analisis Kendala Pendidik IPA terhadap Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Swasta. Jurnal Bioterdidik, 7((5)), 44 - 56.

Rozi, M. F., & Irawan, M. I. (2015). Sistem Pendukung Keputusan dalam Memilih Jurusan SMA Menggunakan Model Yager. Jurnal Sains dan Sen ITS, 4((1)), 2337-3520.

Rufaidah, A. (2015). Pengaruh Intelegensi dan Minat SiswaTerhadap Putusan Pemilihan Jurusan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, II((2)), 139-146.

Salirawati, D. (2012). Percaya diri, Keingintahuan, dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 213-224.

Silondae, D. P. (2019). Perbandingan Motivasi Belajar Antara Siswa Jurusan IPA dan Jurusan IPS Di SMA Negeri Anggaberi Kabupaten Konawe. Gema Pendidikan, 26((2)), 1-9.

Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangakan Bahan Ajar Biologi Di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 04((01)), 51-57.

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 104-109.

Wijayanti, N. L. A. A., Meitriana, M. A., & Sujana, I. N. (2020). Studi Komparatif Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Peminatan IPS dan Lintas Minat MIPA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12((1)), 130-138.

Yendarman. (2016). Peningkatan Kemampuan Menetapkan KKM dengan Diskusi Kelompok Kecil Bagi Guru Matematika SMKN 1, SMKN 4, SMK PGRI 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(3), 122-129.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.