Variasi Suku dan Bahasa Osing, Jawa, Madura di Kabupaten Banyuwangi Sebagai Sumber Referensi Pembelajaran Geografi Budaya Berbasis Kearifan Lokal

Alfiatus Zulfa

Abstract


Geografi merupakan ilmu yang mempelajari perbedaan dan persamaan keruangan yang berkaitan dengan fenomena-fenomena geosfer. Antroposfer adalah objek material dari kajian geografi, dimana manusia menjadi pelaku utama dalam kajian tersebut. Manusia sebagai individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hampir di setiap tempat yang berbeda, tingkah laku, gaya bahasa dan kebudayaan manusia itu berbeda-beda pula. Hal ini dapat di simpulkan jika ruang memiliki pengaruh terhadap perbedaan tersebut. Setiap karakteristik tempat akan memiliki ciri karakter budaya dan bahasa yang di pakai manusianya. Suku Madura menempati tempat dengan bawaan khas kebudayaan Madura yaitu senang berdagang dan maritim. Suku Osing banyak menempati tempat yang subur karena karakteristik suku Osing yang suka bercocok tanam. Sedangkan Suku jawa banyak menempati tempat dengan karakteristik daerah pegunungan dan hutan. Variasi suku dan bahasa yang ada di kabupaten Banyuwangi dapat menjadi sumber referensi pembelajaran geografi budaya yang sesuai dengan KI dan KD.

Kata Kunci : Geosfer, Local Wisdom, Antroposfer, kebudayaan


Full Text:

PDF

References


Iryanti, Irma. 2017. Kajian Tentang Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dikembangkan Sanggar Seni Sekar Pandan Untuk Menumbuhkan Nasionalisme. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum FIS UNY.

Khusna, Nela. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Universitas Muria Kudus : Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Rosala, Dedi. 2016.Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Ritohardoyo, Su. 2013. Penggunaan dan Tata Guna Lahan. Yogyakarta : Ombak.

Safitri, Mira Ariyani. 2016. Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Hadrah Kuntulan. Jember : Seminar Nasional Pendidikan 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.