Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Campuran Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita

Yumna Ayu Putri Dewi, Syariful Fahmi

Abstract


Pemecahan masalah merupakan hal yang harus dipahami oleh siswa. Siswa tunagrahita memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah sehingga mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang ada masih belum memfasilitasi siswa tunagrahita dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis android bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunagrahita pada pokok bahasan Operasi Hitung Campuran di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu:  Analysis, Design, Development, Implementation,dan Evaluation. Subyek Penelitian ini meliputi Ahli Media, Ahli Materi dan Siswa SMALB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan angket atau kuisioner dan wawancara. Wawancara pada guru digunakan untuk mengetahui respon guru terhadap proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Wawancara pada siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif dengan skala Likert. Hasil penelitian memperoleh beberapa informasi. Pertama, materi pembelajaran lebih ke bidang tematik daripada ilmu pengetahuan. Kedua, siswa tunagrahita sulit untuk diajak berpikir abstrak. Ketiga, siswa tunagrahita lebih tertarik kepada hal yang berbentuk permainan dengan menggunakan komputer. Keempat, siswa tunagrahita membutuhkan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahkan masalah matematika. Penelitian ini dapat diperluas pada pengembangan media pembelajaran berbasis android yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tunagrahita.


Keywords


Analisis kebutuhan; Android; Tunagrahita; Operasi hitung campuran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Kedua ed.). Jakarta: BUMI AKSARA.

Aziz, S. (2015). Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Yogyakarta: Penerbit GAVA MEDIA.

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan (Pertama ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar (B. Ramdhani Ed. Cetakan keenam ed.). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Hermawan, S. (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android (T. A. Prabawati Ed.): Penerbit ANDI.

Nunuk Suryani, A. S., Aditin Putria. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah Ed. Pertama ed.). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Penyusun, T. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Roedavan, R. (2017). Construct 2 Tutorial Game Engine. Bandung: Penerbit INFORMATIKA.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan (Pertama ed.). Depok: RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sanjaya, R., Christanti, A. R., &Prayogo, M. S. (2017). Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Seng Hansun, M. B. K., Michael Wijaya Saputra. (2018). Pemrograman Android dengan Android Studio IDE (Giovanny Ed.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sukardjono. (2007). Filsafat dan Sejarah Matematika. Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.