Learning Platform di Era Industri 4.0: Edmodo Dalam Pembelajaran Berbasis Blended Learning

Khoirunnisa Isnani

Abstract


Tujuan dari penulisan ini sebagai referensi bagaimana penggunaan learning platform Edmodo dalam pembelajaran berbasis blended learning di era industri 4.0. Era industri 4.0 sebagai revolusi teknologi dimana membawa banyak perubahan di berbagai bidang termasuk pendidikan. Dunia pendidikan saat ini tidak terlepas dari penggunaan teknologi dalam proses pembelajarannya. Oleh karena itu, guru sebagai salah satu kunci suksesnya pembelajaran harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi secara efektif agar siswa dapat menghadapi tantangan industri 4.0. Ada banyak kelemahan dalam pembelajaran yang dapat diatasi oleh teknologi, salah satu diantaranya adalah metode pembelajaran blended learning sebagai solusi atas terbatasnya waktu pembelajaran tatap muka (face-to-face) di dalam kelas. Blended learning merupakan suatu metode pembelajaran yang menggabungkan antara metode konvensional (face-to-face) dengan metode modern berbasis teknologi (online system). Dengan menggunakan metode pembelajaran blended learning, guru dapat memperkuat pembelajaran siswa. Dalam konteks pembelajaran online system atau e-learning, guru dapat menggunakan learning platform Edmodo sebagai media pembelajaran e-learning. Edmodo adalah sebuah Learning Management System (LMS) yang menyediakan beragam fitur yang dapat digunakan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran. Learning platform ini memberikan siswa jalur untuk berinteraksi dengan guru dan rekan-rekan mereka dalam suasana akademis yang mendorong pembelajaran kolaboratif. Guru dapat mengunggah sumber bahan ajar di Edmodo sehingga siswa dapat mengunduhnya kapanpun. Selain itu, guru dapat memberikan tugas pada siswa dengan batasan waktu pengumpulan tugas dan juga memberi penilaian pada tugas tersebut. Tampilan Edmodo yang terlihat seperti media sosial Facebook membuat guru maupun siswa mudah menggunakannya.

Full Text:

PDF

References


Aborisade, P. A. 2013. Blended Learning in English for Academic Purposes Courses: A Nigerian Case Study. Dalam B. Tomlinson, & C. Whittaker, Blended Learning in English Language Teaching: Course Design and Implementation (hlm. 35-41). London: 10 Spring Gardens.

Ainiyah, Z., & Puspitasari, D. 2015. Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMKN 1 Surabaya.

Bonk, C. J., & Graham, C. R. 2006. Handbook of Blended Learning: Global Perspectives, Local Designs. San Francisco, CA: Pfeiffer Publishing.

Chorniantini, E. L. 2017. Pemanfaatan Metode Pembelajaran Blended Learning yang Dilengkapi dengan Aplikasi Edmodo pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII C SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

Higgins, D., & Gomez, A. 2014. Teaching English Studies through Blended Learning. New York: The Higher Education Academy.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rismayanti, A. 2012. Mengenal Lebih Dekat Edmodo: Sebagai Media E-learning dan Kolaborasi.

Saliba, G., Rankie, L., & Cortez, H. 2013. Fundamentals of Blended Learning. Sydney: University of Western Sydney.

Yahya, M. 2018. Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia.

Jurnal Online

Al-Kathiri, F. 2015. Beyond the Classroom Walls: Edmodo in Saudi Secondary School. English Language Teaching, 8 (1): 189-204. doi:10.5539/elt.v8n1p189.

Ekawati, N. E. 2018. Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8 (1): 7-16. doi:10.30998/formatif.v8i1.2303.

Purnawarman, P., Susilawati, & Sundayana, W. 2016. The Use of Edmodo in Teaching Writing in a Blended Learning Setting. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 5 (2): 242-252. doi:10.17509/ijal.v5i2.1348.

Sadiyoko, A. 2017. Industri 4.0: Ancaman, Tantangan, atau Kesempatan? (Online), (http://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/1539), diakses 8 November 2018.

Wichadee, S. 2017. A Development of the Blended Learning Model Using Edmodo for Maximizing Students’ Oral. iJET, 12(2): 137-154. doi:10.3991/ijet.v12i02.6324

Jurnal Tercetak

Daulany, U. A., Syarifuddin., & Manurung, B. 2016. Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Retensi Siswa pada Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1): 260-266.

Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK, 1 (1): 57-67.

Herlambang, A. D., & Hidayat. W. N. 2016. Edmodo Untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek dan Efektivitas Pembelajaran di Lingkungan Pembelajaran yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 3 (3): 180-187.

Karimah, S., Utami, R., & Hidyah, N. 2018. Kefektifan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 5 (2): 97-101.

Pendidikan, 85-94.

Kurniawati, R., & Djunaidi. 2015. Pengembangan Media Blended Learning berbasis Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3 (1): 16-24.

Manggabarani, A. F., Sugiarti.,& Masri. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab. Wajo: Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica, 17 (2): 83-93.

Septanto, H. 2015. Elearning Menggunakan Edmodo Sebuah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Kelas Shift di STMIK Bina Insani. Bina Insani ICT Journal, 2 (2): 121-141.

So, H.-J., & Bonk, C. J. 2010. Examining the Roles of Blended Learning Approaches in Computer-Supported Collaborative Learning (CSCL) environments: A Delphi study. Educational Technology & Society, 13 (3): 189-200.

Turkmen, G. 2012. Using Social Networking in EFL Classroom in Higher Education. Conference Proceedings of “eLearning and Software for Education” (eLSE), 1: 350-354.

Vivi, R. 2018. Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 8 (2): 205-208.

Prosiding

Fardhany, P. H. 2016. Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Peran Pendidikan Jasmani Dalam Menyangga Interdisipliner Ilmu Keolahragaan: 456-471.

Ghiffar, M. A. N., et al. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional

Hastomo, T. 2016. The Effectiveness of Edmodo to Teach Writing Viewed From Students' Motivation. Prosiding ICTTE FKIP UNS, 1 (1): 580-585.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.