Estetika: Implementasi Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Pada Materi Bioteknologi Dalam Mewujudkan SDG’s

Asih Wijiyati

Abstract


Education is a golden spear to advance a nation, as an effort to realize Sustainable Development Goals (SDGs). The learning process in schools does not only require academic skills (hard skill) but also personal skill (soft skill). Personal abilities of students can be honed through practice directly. Appropriate practice activities are applied in biotechnology learning. This writing aims to develop the competency based on practice learning models that are feasible to apply in a practical learning and effectively improve student learning outcomes in biotechnology materials. The method used in this writing is literature study or literature review. The result of the literature review show that competency based practice learning is very effective for improving student learning outcomes in practice learning, creating a learning atmosphere that positions students as center learning, motivates student learning, and enchances student creativity.

Keyword: Practical learning, competency based, biotechnology.

Pendidikan merupakan tombak emas untuk memajukan suatu bangsa sebagai upaya mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG’s). Proses pembelajaran di sekolah tidak hanya menuntut kemampuan akademik (hard skill) tetapi juga kemampuan personal (soft skill). Kemampuan personal siswa dapat diasah melalui praktik secara langsung. Kegiatan praktik tepat diterapkan pada pembelajaran bioteknologi. Penulisan ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran praktik berbasis kompetensi yang layak untuk diterapkan dalam pembelajaran praktik dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi. Metode yang digunakan pada penulisan yaitu studi literatur atau sudi pustaka. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa pembelajaran pratik berbasis kompetensi sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik, menciptakan suasana belajar yang memposisikan siswa sebagai centre learning, memotivasi belajar siswa, dan meningkatkan kreativitas siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran praktik, berbasis kompetensi, bioteknologi.


Full Text:

PDF

References


Dariyati, dkk. 2015. Pengaruh pembelajaran Praktik Berbantuan Media Audio Terhadap Kemampuan Motorik dan Motivasi Belajar Siswa SMP di SLB A Negeri Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. e-Journal Pascasarjana universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol5. No. 1.

Mursid, R. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXII No.1

Pertiwi, Bunga. 2017. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Muara Telang Kabupaten Banyuasik Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Simanjuntak. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Tarsito.

Sugandi, dkk. 2002. Teori Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.

Sutrisno, Valiant. L. P. 2016. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Vo. 6. No. 1. http:journal.uny.ac.id/index.php/jpv.

Syahrowiyah, Titin. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi dan Hasil Pendidikan Agama Islam Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Studia Dikdatika Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 10.No. 2.

Unimed. 2004. Pedoman Pengembangan Standar Mutu Lulusan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Medan: Universitas Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.