Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar

Agung Rahmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter  di sekolah dasar melalui kegiatan ekstrakurikuler, baik meliputi nilai-nilai karakter yang ditanamkan maupun kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah dasar.Harapannya kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya menumbuhkan minat dan bakat siswa, tetapi juga karakter. Sehingg akan terbentuk siswa yang berbakat dan berkarakter. Jenis penelitian ini adalah deskriptif.Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.subyek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru ekstrakurikuler, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data menggunaka triangulasi baik sumber maupun teknik.Analisis data dilakukan melalui analisis induktif. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler meliputi religius, tanggung jawab, kerjasama, jujur, menghargai prestasi, kreatif, percaya diri, dan disiplin. Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sapen meliputi menggambar, mewarnai, menari, seni suara, puisi, sepak bola, renang, bulutangkis, futsal, tapak suci, Hizbul Wathan (HW), robotic, presenter, dan paduan suara.


Full Text:

PDF

References


Danial, E. (2011).Sinergi Ekstra Kurikuler untuk Character Building di Sekolah.Dalam Budimansyah, D., dan Komalasari, K. (editor). Pendidikan Karakter: Nilai inti bagi upaya pembinaan kepribadian bangsa. Bandung: Widya Aksara Pers.

Kemendiknas.(2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas

Lickona, T. (1994).Educating for Character.London : Allyn and Bacon

Wiyani.N.A. (2013).Konsep, Praktik, Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wynne, E. A. (1991). Character and Academics in The Elementary School.DalamBenninga J.S. (Penyunting). Moral, character, and civic education in the elementary school.New York: Teachers College, Columbia University.

Zubaedi.(2011). Desain Pendidikan Karakter.Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Aulia, M, F. dan Samino.(2015). Pengelolaan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Muhammadiyah “Miftakhul ‘Ulum” Pekajangan Pekalongan.PKn Progresif, 10 (1), 64-71, diakses 3 Juli 2016.

Bebeau, M.J., Rest, J.R., & Narvaez, D. (1999). Beyond the promise: a perspective on research in moral education. Educational Reasearcher, 28 (18), 18-26, diakses 3 Juli 2016..

Brannon, D. (2008). Character Education-A Joint Responsibility.The Education Digest, 73 (8), 56-60, diakses 3 Juli 2016.

Lestari, Y.S. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Di Sekolah Dasar Negeri 1 Trirenggo Tahun Pelajaran 2015/2016.Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 3(1), 38-42, diakses 13 Oktober 2018.

Sukarni, Syamsuri A.S., Nawir, M. (2016).Tapak Suci dan Karakter Siswa. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi. Vol. IV (2), 145-153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.