Membentuk Karakter Islami Pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Boneka Tangan

Nina Nadifa

Abstract


Penanaman karakter Islami pada anak usia dini sangatlah penting. Dilatarbelakangi kondisi anak bangsa yang masih sangat kurang dalam hal karakter Islami. Era globalisasi saat ini sangat mempengaruhi karakter Islami anak dalam kehidupan sehari - hari, diantaranya karakter cinta kepada Allah, kejujuran, kurang hormatnya anak kepada orang tua, kurang kasih sayang antar teman. Pembelajaran pendidikan karakter Islam dapat disampaikan melaui hafalan hadits, sikap baik dan buruk dalam nilai budi pekerti.

Berangkat dari masalah tersebut sebagai langkah antisipasi yang perlu dilakukan agar kondisi ini tidak berlarut semakin parah adalah dengan memberikan proses pembelajaran yang menanamkan nilai karakter Islami pada anak usia dini melalui metode pembelajaran boneka tangan. Metode merupakan salah satu langkah strategis mengingat usia awal perkembangan merupakan masa yang sangat penting bagi anak. Menurut Ramli (dalam Pasaribu Awaliyah Saadatul 2017:318) pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia, warga masyarakat dan warga negara yang baik.

Metode pembelajaran boneka tangan merupakan salah satu cara yang digunakan pendidik dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran dalam hal membentuk karakter Islami pada anak usia dini. Anak juga bisa terlibat dalam permainan boneka tangan dengan ikut memainkan boneka, sehingga anak dapat berekspresi atau menyampaikan perasaan, mendorong timbulnya fantasi atau imajinasi anak.

Keywords


karakter islami; anak usia dini; boneka tangan

Full Text:

PDF

References


Muhammad, F., & Lilif, K. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Winataputra, U. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Banten: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sulianto, J. (2014). Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita Untuk Menanamkan Karakter Positif kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 15(2), 94-104.

Pasaribu, S. A. (2017). Karakter Anak Usia Dini. Medan: Tembung SDN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.