Penggunaan Busy Book dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini di Era Milenial

Sara Wibiarani

Abstract


Seperti yang kita ketahui membaca merupakan hal yang penting selain menulis, dengan membaca anak usia dini dapat melatih bahasa. Namun di era milenial saat ini tak sedikit orang tua yang menuntut anaknya untuk pandai dalam membaca buku yang isinya hanya tulisan saja tanpa adanya gambar. Padahal di usia mereka, anak belum bisa untuk membaca tulisan, tetapi anak usia dini hanya mampu mengenal simbolik atau gambar. Maka dari itu penggunaan busy book dalam meningkatkan kemampuan membaca dapat dilakukan. Pada perkembangan anak usia dini anak baru mengenal tulisan dan mereka baru bisa mengenal simbolik atau gambar. Kemampuan membaca anak usia dini dibagi menjadi empat tahap perkembangan, yaitu: tahap timbulnya kesadaran terhadap tulisan, tahap membaca gambar, tahap pengenalan bacaan, dan tahap membaca lancar. Melalui penggunaan busy book dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Salah satu media yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan membaca anak usia dini adalah melalui busy book. Pengunaan media busy book pada anak usia dini dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Melalui makalah ini kita dapat mengetahui penggunaan busy book penting dalam melatih kemampuan membaca pada anak usia dini.

Keywords


busy book; kemampuan membaca; anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Al Walidah, I. (2018). Tabayyun di Era Generasi Millenial. Jurnal Living Hadis, 2(2), 317-344.

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book Pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Metamorfosa, 5(2).

Pertiwi, A. D. Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Risma, D. (2007). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Terpadu Filosofia Kubu Babussalam Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1-14.

Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di Paud Budi Luhur Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 6(1), 28-37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.