STUDI PENELUSURAN TERHADAP ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Hani Irawati

Abstract


Tracer study merupakan kegiatan untuk menyediakan informasi hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja. Kegiatan tracer study telah dilakukan pada tingkat universitas dan prodi pendidikan biologi FKIP UAD, akan tetapi data yang diperoleh belum tersaji secara rinsi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang alumni pendidikan biologi FKIP UAD angkatan 2001 sampai 2014 mengenai: 1) lamanya masa studi mahasiswa sebelum lulus, 2) lama masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan, dan 3) relevansi pendidikan dengan bidang kerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey yang mencakup tiga tahapan yaitu: 1) pengembangan instrument, 2) pengumpulan data, 3) analisis data dan pelaporan. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan angket. Penyebaran instrument dilakukan secara langsung pada saat temu alumni dan melalui email. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) lulusan tepat waktu (kurang dari empat tahun) sebesar 70.67%, 2) lama masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan sebesar 71%, dan 3) relevansi antara pendidikan dengan pekerjaan alumni sebesar 83.87%.


Keywords


Alumni; Pendidikan Biologi; Tracer study.

Full Text:

PDF

References


Nuryake, F., & Priyanto., & Totok, S. (2015). Studi penelusuran terhadap alumni prodi pendidikan teknik informatika jurusan pendidikan teknik elektronika fakultas teknik UNY.

Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education, 1(1), 44-48.

Rasiman, S. W., & Setyawati, R. D. (2016). Penelusuran Alumni (Tracer Study) Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang Sebagai Upaya Kajian Relevansi. Semarang: IKIP PGRI.

Soemantri, M., Suparmini, & Nursa’ban, M. (2010). Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Geografi UNY Tahun 2005-2009. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.