PENGEMBANGAN DESAIN PESAN ISYARAT TANGAN UNTUK MENGATUR INTERAKSI KOMUNIKASI DI DALAM KELAS

Nurmida Catherine Sitompul

Abstract


Proses pembelajaran di dalam kelas melibatkan berbagai interaksi dari beberapa komponen, secara khusus guru dan peserta didik. Penelitian perilaku komunikasi nonverbal dihubungkan dengan efektifitas dalam pembelajaran. Sejumlah Bahasa Tubuh guru/pengajar berperan penting dalam meningkatkan atau menurunkan efektifitas belajar dalam kelas. Hal tersebut berarti sejumlah perilaku komunikasi menentukan efektifitas belajar peserta didik. Pada kondisi yang lain, ketersediaan informasi atau buku pedoman yang dapat digunakan sebagai informasi sekaligus bahan untuk berlatih belum cukup tersedia. Penelitian pengembangan diperlukan untuk ketersediaan buku ini dengan melakukan prosedur pengembangan dengan Model ADDIE. Setelah melalui tahap analisis, desain dan pengembangan maka ditemukan sejumlah bahasa tubuh yang secara khusus berperan dalam mengelola interaksi komunikasi dalam kelas.


Keywords


intructional design, guiding book, teacher’s nonverbal communication behavior, Teacher Body Language, teaching effectiveness

Full Text:

PDF

References


Degeng, I. N. S. (2013). Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Kalam Hidup.

Friesen, N. (2003). The pedagogical significance of the computer-student relation (pp. 1-167). University of Alberta.

Harris, M. J., & Rosenthal, R. (2005). No more teachers’ dirty looks: Effects of teacher nonverbal behavior. Applications of nonverbal communication, 157-192.

Sitompul, N. C. (2014). Karakteristik Perilaku Komunikasi Nonverbal Guru Peserta Program Profesi Keguruan Sekolah Dasar (PPGSD) pada Praktek Mengajar di Laboratorium Microteaching. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran: Era Baru Pembelajaran Menyongsong Generasi Emas (pp. 151-165). Malang: Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sitompul, N. C. (2012). Perilaku komunikasi nonverbal guru dalam kelas pembelajaran: maknanya bagi siswa sekolah menengah atas. Jurnal pendidikan & pembelajaran, 19(1), 38 - 49.

Taylor, L. (2004). Educational theories and instructional design models. Their place in simulation. Nursing Education and Research, Southern Health.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.