SOUND LEVEL METER BERBASIS ARDUINO DENGAN SENSOR BUNYI DAN SENSOR ULTRASONIC UNTUK MENENTUKAN HUBUNGAN JARAK DENGAN INTENSITAS BUNYI

Puput Cahyo Setiyo Nugroho, Mochammad Irsyadul Haj

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh alat ukur sound level meter yang digunakan untuk menjelaskan materi mengenai Intensitas bunyi. Prosedur yang dilaksanakan untuk percobaan Intensitas bunyi meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan, pembuatan dan pengujian, pengambilan data, analisa data, dan pelaporan. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dan untuk uji validitas data menggunakan teknik Akurasi dan Presisi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: (1) Alat ukur sound level meter memiliki prinsip kerja sebagai berikut; Gelombang bunyi yang dikeluarkan oleh buzzer ditangkap oleh sound microphone sensor. Dalam microphone, gelombang tersebut akan menabrak diafragma dan diafragma akan bergetar sesuai dengan gelombang yang diterimanya. Sebuah kumpuran kawat yang terdapat di bagian belakang diafragma akan ikut bergetar sesuai dengan getaran diafragma. Sebuah Magnet yang dikelilingi oleh kumparan tersebut akan menciptakan medan magnet  seiring dengan gerakan kumparan. Pergerakan kumparan di Medan Magnet ini akan menimbulkan arus listrik bolak balik. Arus listrik yang dihasilkan kemudian diolah oleh mikrokontroler dan menghasilkan nilai taraf intensitas bunyi. Dalam pengukuran jarak dari sensor ke sumber bunyi digunakan prinsip pemantulan gelombang ultasonik  untuk menemukan jarak yang sesuai. (2) Buzzer memiliki daya minimum 2,7 x 10-4 watt dan daya maksimum 10,8 x 10-4 watt sedangkan daya yang digunakan dalam percobaan adalah  8,3 x 10-4 watt. Buzzer mengeluarkan frekuensi sebesar 1058 Hz. (3) Hubungan kuadrat jarak dengan intensitas bunyi adalah .


Keywords


Alat ukur; Taraf intensitas; Sound level meter.

Full Text:

PDF

References


Tuwaidan, Yongly A., Poekoel. Vecky C., Mamahit . Dringhuzen J. (2015). Rancang Bangun Alat Ukur Desibel (dB) Meter Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, 4(1), 37-43.

Lapono, Laura Anastasi Seseragi & Pingak, Redi Kristian. (2018). Rancang Bangun Sound Level Meter Menggunakan Sensor Suara Berbasis Arduino Uno. Jurnal ILMU DASAR, 19(2), 111-116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.