PEMANFAATAN WEB EDUCATIVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS STEM

Anjar Sulistiawati, Nur Aini Hanif Azizah

Abstract


Perkembangan IPTEKS dapat memudahkan dalam mengakses informasi. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai media penyalur materi pembelajaran karena sifatnya yang efektif dan efisien. Tujuan pemanfaatan web educative sebagai sumber belajar berbasis STEM adalah untuk mengetahui manfaat dan kegunaan web diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis STEM. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan. Data-data yang dipergunakan dalam penyusunan karya tulis ini berasal dari berbagai literatur kepustakaan yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Beberapa jenis referensi utama yang digunakan adalah buku, peraturan perundangan-undangan, makalah seminar, prosiding, jurnal ilmiah edisi cetak maupun edisi online, hasil penelitian dan artikel ilmiah yang bersumber dari internet. Jenis data yang diperoleh variatif dan bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini adalah web dapat didesain sebagai sarana belajar apabila konten didesain berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran dan materi yang disajikan mengikuti kebutuhan dan kurikulum pendidikan. Selain itu, web educative juga dapat digunakan sebagai sumber belajar atau media pembelajaran berbasis STEM karena belajar berbasis web dapat memberikan pengetahuan literasi teknologi pada pendekatan STEM serta menambah keterampilan peserta didik dalam mengembangkan teknologi.


Keywords


STEM; Sumber belajar; Web educative

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 216-231.

Abdurrahman, A., Saregar, A., & Umam, R. (2018). The Effect of Feedback as Soft Scaffolding on Ongoing Assessment Toward the Quantum Physics Concept Mastery of The Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 41–47.

Batubara, H. H. (2018). Pembelajaran Berbasis Web dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish.

Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Project dalam Pembelajaran. Jakarta: LPPM Universitas Negeri Jakarta.

Hadjerrouit, S. (2010). Developing Web-Based Learning Resources in School Education: A User-Centered Approach. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Object. 6, 115-134.

Hani, R., & Suwarma, I. R. (2018). Profil Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1): 62-68.

Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Lestari, F., Saryantono, B., Syazali, M., Jauhariyah, D., & Umam, R. (2019). Cooperative Learning Application with the Method of Network Tree Concept Map: Based on Japanese Learning System Approach. Journal for the Education of Gifted Young, 7(1), 15–32.

Liu, Y. (2010). Social Media Tools as a Learning Resource. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 3(1), 101-114.

Nugroho, B. (2008). Aplikasi E-Learning dengan PHP dan Editor dreamweaver. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains [Innovation In Science Learning]. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains VI, 2016–2023.

Pramono, G. (2008). Pelatihan Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran: Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Rustaman, N. Y. (2016). Pembelajaran Sains Masa Depan Berbasis STEM Education. Prosiding Seminar Nasional Biologi Edukasi 2016.

Sagala, R., Umam, R., Thahir, A., Saregar, A., & Wardani, I. (2019). The effectiveness of STEM-Based on gender differences: the impact of physics concept understanding. European Journal of Educational Research, 8(3), 753-761.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sulistiyowati, S., Abdurrahman, A., & Jalmo, T. (2018). The Effect of STEM-Based Worksheet on Students’ Science Literacy. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 89-96.

Widyastuti, S., Susanti, R., & Widianti, T. (2014). Pengembangan web educative sebagai sumber belajar pada materi sistem pertahanan tubuh. Journal of Biology Education, 3(1).

Yuhefizar, H. R., & Hidayat, R. (2006). Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.