PEMANFAATAN HANDOUT UNTUK MENUNJANG HASIL BELAJAR IPA TERPADU KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Ruli Noor Muhaini

Abstract


Proses pembelajaran memerlukan bahan ajar, salah satu jenis bahan ajar yang dapat digunakan guru adalah handout bergambar disertai dengan peta kompetensi. Handout adalah bahan ajar tertulis yang diambil dari beberapa literatur yang relevan terhadap kompetensi dasar dan materi pokok yang diajarkan kepada siswa. Handout adalah salah satu bentuk bahan ajar yang sangat ringkas. Bahan ajar handout bersumber dari beberapa literatur yang relevan terhadap kompetensi dasar dan materi pokok yang diajarkan pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Terpadu menggunakan handout dan (2) langkah-langkah menganalisis handout. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseah and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) persentase kelulusan hasil belajar menggunakan handout sebesar 85% tuntas dan 15% tidak tuntas (2) mendeskripsikan langkah-langkah menganalisis handout pengembangan handout melalui beberapa tahap dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan) dan Evaluation (evaluasi).


Keywords


Handout; Hasil belajar; IPA Terpadu.

Full Text:

PDF

References


Habibati, H., Nazar, M., & Septiani, P. D. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 3(1), 36-41.

Nerita, S. (2016). Pengembangan Handout Bergambar Disertai Peta Konsep pada Materi Ekosistem untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal BioConcetta, 2(2), 84-92.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudiyono, A. H., Widodo, W., & Susantini, E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pemaknaan pada Materi Gelombang dan Bunyi untuk Melatihkan Sensitivitas Moral Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 811-821.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.