PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA PADA MATERI SEL MELALUI PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA PUZZLE

Munawarah Fauziah Fazrianti Yulinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan & hasil belajar biologi melalui pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dan media puzzle pada materi sel kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Digunakan media puzzle pada penelitian ini yaitu bertujuan untuk meningkatkan keaktifan & hasil belajar siswa pada materi sel. Media puzzle pada penelitian digunakan karena biasanya pada materi sel hanya di buat media berupa gambar saja yang cenderung membosankan dan terlalu monoton oleh sebab itu penelitian ini menggunakan media berupa puzzle agar pembelajatan lebih menarik dan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada akhir penelitian. Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus. Hal ini dimaksudkan untuk melihat peningkatan hasil belajar biologi siswa pada setiap siklus setelah diberi tindakan. Bila pada siklus 1 terdapat perkembangan, maka penelitian pada siklus 2 lebih diarahkan pada perbaikan dan penyempurnaan terhadap hal-hal yang dianggap kurang pada siklus 1. Hasil dari penelitian ini terdapat peningkatan aktifitas dan hasil belajar biologi siswa dilihat dari aktifitas siswa saat mengerjakan LKS dan menyusun puzzle bersama kelompok masing masing, Hasil dari peningkatan hasil belajar biologi siswa terdapat 80% siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) dilihat dari hasil postes dan pretes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif.


Keywords


Hasil belajar Biologi; Keaktifan; Pembelajaran kooperatif tipe STAD; Penelitian Tindakan Kelas; Puzzle

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Alfabeta.

Ermaita, Pargito, & Pujiati. (2016). Penggunaan Media Pembelejaran Crowssword Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 81-89.

Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marrysca, A. F. V., Surantoro, S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) berbantuaan Lks (Lembar Kerja Siswa) Berkarakter Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).

Rohika, D. P. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SD 2 Beng Gianyar tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 221-228.

Slavin, E. R. (2008). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Bandung: Nusa Media.

Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Suwandi, S. (2010). Model assesmen dalam pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Zulfiani, T. F., & Suartini, K. (2009). Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.