Inventarisasi Tanaman Obat di Halaman SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang Sebagai Sumber Belajar IPA

Septi Asri Lestari, Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro

Abstract


Banyak tanaman yang dimanfaatkan oleh masyarakat di Kalibawang. Permasalahannya adalah belum ada inventarisasi yang jelas tentang nama-nama tuanaman secara ilmiah yang digunakan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tanaman obat yang ada di halaman SMP Muhamadiyah 2 Kalibawang, khasiat dan asal usul tanaman yang dimanfaatkan. Penelitian dilaksanakan pada bulan September hingga November 2018. Penelitian ini menggunakan metode survey dan wawancara. Identifikas jenis tanaman obat dilakukan dengan mencocokkan ciri-ciri yang ada dengan gambar yang mengacu pada buku identifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 koleksi tanaman yang berkhasiat sebagai obat tradisional yang ada di halaman sekolah. Dari 6 jenis yang dikenal tersebut, 2 jenis ditanam oleh warga sekolah. Proses pembelajaran IPA dapat menggunakan skenario praktikum tanaman obat sebagai sumber belajar dan obyek pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Anonim, Puslitbangtri-Departemen Pertanian. 1992. Sepuluh Tahun Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri 1982-1991. Sumbangan Penelitian dalam Pembangunan Perkebunan Rakyat, Bogor.

Backer, C.A. and R.C.B van den Brink. 1965. Flora of Java. Volume 1, 2, 3. N. V. P. Netherlands. : Noordhoff, Groningen

Ewusie J.Y. 1990. Ekologi Tropika terjemahan Usman Tanuwidjaja. Bandung : ITB Press

Fellows, L 1992. The Lancet, 339, 130. dalam Katno dan Pramono S. 2010. Tingkat Manfaat dan Keamanan Tumbuhan Obat dan Obat Tradisional. (Online). Jurnal.Tersedia di:http://cintaialam.tripod.co

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Sosialisasi Kurikulum 2013 untuk Asesor Sertifikasi Guru, di Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta, Juli 2013

Lestari, S.A. dan H.K.E.P. Moro. 2015. Flora di Halaman SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang. Prosiding Symposium on Biology Education. UAD Yogyakarta. 634-642

Nurmalasari, N., Sukarsa, S., & Hidayah, H. A. 2012. Studi Kasus Pemanfaatan Tumbuhan Sebagai Obat-Obatan Tradisional Oleh Masyarakat Adat Kampung Naga di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Biosfera , 29(3) :141-150.

Permatasari, Diah, Diniatik Diniatik dan Dwi Hartanti, 2011. Studi Etnofarmakologi Obat Tradisional Sebagai Anti Diare Di Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas. Jurnal Farmasi Indonesia 8 (1) : 44-64.

Peneng, I.N.M., dan I.W. Sumantera. 2007. Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat Luka Tradisional di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Prosiding Seminar Konservasi Tumbuhan Usada Bali dan Perannya Dalam Mendukung Ekowisata. UNUD, LIPI, UNHI. 118-123.

Suhardi. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: UNY Press.

Van Steenis, C.G.G.J. 2002. Flora Untuk Sekolah di Indonesia. Jakarta : Pradnya Paramitha


Refbacks

  • There are currently no refbacks.