Pemanfaatan Serat Tembung Adupara sebagai Media Pembelajaran di SMA Melalui Aplikasi Multimedia ‘Cakra’ Berbasis Android
Abstract
Serat Tembung Andupara sangat penting untuk dilestarikan karena terkandung sistem proyeksi masyarakatnya, pengesah kebudayaan, pemaksa berlakunya norma sosial, kritik sosial, alat pendidikan anak, dan sebagai hiburan. Sebagai sarana dan inovasi pendidikan, Serat Tembung Andupara dapat dimanfaatkan menjadi media pembelajaran di SMA melalui aplikasi multimedia. Singh (2007) menjelaskan bahwa aplikasi multitemuda meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat pembelajar lebih mudah untuk memahami informasi. Sebab itu, kolaborasi bahan ajar dengan aplikasi multimedia berbasis android ini relevan diterapkan dalam pembelajaran, terutama di era digital sekarang ini. Adapun konten aplikasi multimedia ‘Cakra’ mencakup konten diskusi, referensi, dan berita. Melalui kolaborasi dengan media seperti ini, diharapkan dapat membantu ketercapaian pembelajaran nasional, terutama pembelajaran sastra.
Full Text:
PDFReferences
Norhayati Abd Mukti, & Siew, P. H. (2004). Malaysian Perspective: Designing Interactive Multimedia Learning Environment for Moral Values Education. 143- 152. Singh, V. P. (2007). A Text Book of Multimedia. United Stated: Global Media.
Songkram, N. (2017). Online Course Design for Creativity and Innovative Skills in Virtual Cultural ASEAN Community: From Research to Empirical Practice. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(1): pp. 4 - 20 https://doi.org/10.3991/ijet.v12i01.6032
Vaughan, T. (2010). Multimedia Making It Work, 8th Edition. McGraw Hill Winwin Wiana, M. Syaom Barliana, and Arifah A.Riyanto (2018). The Effectiveness of Using Interactive Multimedia Based on Motion Graphic in Concept Mastering Enhancement and Fashion Designing Skill in Digital Format. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(2): pp. 4-20 https://doi.org/10.3991/ijet.v13i02.7830.
Refbacks
- There are currently no refbacks.