Pemanfaatan Canva dalam Pembuatan Soal HOTs Studi Kasus SD Muhammadiyah Bogor

Nur Robiah Nofikusumawati Peni, Sumargiyani Sumargiyani, Puguh Wahyu Prasetyo

Abstract


Keterampilan abad 21 yang diharapkan dapat dimiliki siswa saat ini adalah dengan membiasakan diri dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan berpikir tingkat tinggi untuk melatih berpikir kritis, kreatif, kolaborasi serta komunikasi. Namun, soal bertipe tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTs) tersebut masih sulit diterapkan khususnya di tingkat sekolah dasar. Tujuan pengabdian ini adalah untuk dapat melatih dan mendampingi para guru dalam pembuatan soal bertipe HOTs dengan menggunakan bantuan platform Canva. Kegiatan yang berlangsung selama empat kali ini diikuti oleh 30 guru di SD Muhammadiyah Bogor, Playen Gunung Kidul. Metode yang digunakan dalam mengukur keberhasilan pengabdian ini berupa penyebaran angket berkaitan dengan pengetahuan pembuatan soal HOTs dan pemanfaatan platform Canva. Dari hasil angket sebelum dan setelah dilaksanakan pelatihan terkait pengetahuan guru dalam pengembangan soal kemampuan berpikir tingkat tinggi, meningkat dari kategori cukup dengan mean score 2,657 menjadi kategori baik dengan mean score 3,035. Sedangkan pengetahuan guru terkait pemanfaatan platform Canva dengan mean score 2,860 dengan kategori cukup saat sebelum pelatihan, menjadi 3,619 hasil mean score dengan kriteria kategori sangat baik. Dari hasil pelatihan ini, para guru menyadari pentingnya menggunakan platform online seperti Canva yang dapat membantu guru-guru dalam pembuatan soal bertipe HOTs


Keywords


Berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTs), canva

Full Text:

PDF

References


Andrianie, S., dkk. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Karakter Religius Menggunakan Canva di SDN Tanon 2. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(2), 65-75. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498

Bakri, dkk. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva kepada Guru di Kota Medan dan Jayapura secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1-10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/18777/7086

Canva. (n.d). Canva untuk Pendidikan. Diakses pada https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Haryani, I. (2019). Analisis Langkah-Langkah Penyelesaian Soal Matematika Tipe High Order Thinking Skill (HOTS) Bentuk Pilihan Ganda. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 79-94. https://core.ac.uk/download/pdf/267884779.pdf

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Suryapuspitarini, B. K., Wardono., & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876-884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393

Widoyoko, E. P. (2018). Evaluasi pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Robiah Nofikusumawati Peni, Sumargiyani Sumargiyani, Puguh Wahyu Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License