Pelatihan Pembelajaran yang Berpusat Pada Murid Berbasis Nilai-Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan

Enung - Hasanah, Suyatno Suyatno, Asih Mardati, Shofia Noor Wachidatur Rochmah, Dimas Hendra Kusuma

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai paradigma pembelajaran yang berpusat pada murid yang diintegrasikan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Mitra dalam pengabdian ini adalah SMP Muhammadiyah I Depok, Sleman, merupakan salah satu sekolah di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah yang berlokasi di kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Berdasarkan hasil diskusi awal dengan kepala sekolah SMP Muhammadiyah I Depok, diketahui permasalahan yang dihadapi mitra terkait implementasi kurikulum merdeka yaitu guru belum familiar dengan paradigma pembelajaran baru berdasarkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara  sebagai dasar paradigma kurikulum merdeka, guru kesulitan mempraktikan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Al Islam Kemuhammadiyahan. Dari permasalahan tersebut, tim PPMM UAD menawarkan solusi untuk mengatasi persoalan yang khusus terkait guru yaitu dengan mengadakan pelatihan pembelajaran yang berpusat pada siswa berbasis nilai-nilai islam kemuhammadiyahan. Model solusi yang ditawarkan berupa pelatihan dan workshop. Hasil pengabdian menunjukan bahwa proses pengabdian kepada masyarakat telah berhasil membantu para guru untuk meningkatkan pengetahuan  dan keterampilan yang lengkap tentang paradigma baru pendidikan yang berpusat pada murid, pengintegrasian nilai-nilai AIK, dan penyusunan modul ajar pengembangan profil pelajar Pancasila.


Keywords


Pelatihan, Pembelajaran Berpusat ke murid, Profil Pelajar Pancasila, Al-Islam, Kemuhammadiyahan.

Full Text:

PDF

References


Asnawan, A. (2020). Exploring Education Character Thought of Ki Hajar Dewantara and Thomas Lickona. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(3). https://doi.org/10.33648/ijoaser.v3i3.83

Borualogo, I. S., Wahyudi, H., & Kusdiyati, S. (2020). Prediktor perundungan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1). https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.9841

Boulton, C. A., Hughes, E., Kent, C., Smith, J. R., & Williams, H. T. P. (2019). Student engagement and wellbeing over time at a higher education institution. PLoS ONE, 14(11). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0225770

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Hasanah, E., ; Purnawan, P.; Kuat, K., Hamidun, E. (2020). Pelatihan penjaminan mutu sekolah berbasis akreditasi di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarkat, 799–806.

Kamarudin, M. Y., Yusoff, N. M. R. N., Yamat, H., & Abdul Ghani, K. (2016). Inculcation of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Arabic Language Teaching at Malaysian Primary Schools. Creative Education, 07(02), 307–314. https://doi.org/10.4236/ce.2016.72030

Karabulut, Ü. S. (2012). How to teach critical-thinking in social studies education: An examination of three NCSS journals. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 49.

Kemdikbudristek. (2022). Rapor pendidikan Indonesia. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Pangestu, D. A., Sulfemi, W. B., & Yusfitriadi. (2021). Filosofi merdeka belajar berdasarkan perspektif pendiri bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1823

Prasetyo, J., & Rijanto, T. (2021). Studi literatur : meta analisis model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(01), 89–98.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1.

Widodo, A., & Aziz, M. T. (2019). The Effect Of Physical Integrated Educational Teaching Materials Using Ismuba for Muhamadiyah Elementary School Students. JUARA : Jurnal Olahraga, 4(2). https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.499

Yang, F., & Li, F. W. B. (2018). Study on student performance estimation, student progress analysis, and student potential prediction based on data mining. Computers and Education, 123. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.04.006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Enung - Hasanah, Suyatno Suyatno, Asih Mardati, Shofia Noor Wachidatur Rochmah, Dimas Hendra Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License