Peningkatan Awareness Konsumen Industri Halal

Nurul Azizah Az zakiyyah, Lestari Sukarniati, Firsty Ramadhona Amalia Lubis, Suripto Suripto

Abstract


Pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana saat ini Industri halal merupakan bagian penting bagi beberapa negara serta menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Bukan hanya negara-negara Islam (Islamic countries) yang peduli produk halal, bahkan negara-negara “sekuler” dan minoritas muslim pun menjadikan isu halal ini sebagai competitive advantage. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan awareness konsumsi produk halal sebagai bagian dari dorongan industri terhadap ibu ibu PKK yang memiliki keterikatan dengan konsumsi barang dan jasa yang tinggi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah dan tanya jawab. Sebelum melakukan kegiatan pengabdian tim melakukan analisis awal mengenai awareness yang dimiliki oleh peserta mengenai penggunaan produk produk halal, hasil survey awal menunjukkan bahwa sebagian besar peserta sadar akan pentingnya mengkonsumsi produk halal namun menganggap bahwa produk produk yang berada di restoran/supermarket mayoritas halal sehingga jarang melakukan pengecekan ulang. Selain itu peserta juga belum memahami mengenai titik kritis produk halal. Setelah dilakukan ceramah dan diskusi dilakukan kembali survey untuk mengecek hasil dari pengabdian yang dilakukan, hasil survey menunjukkan bahwa setelah mengetahui titik kritis produk halal peserta lebih berhati hati dan concern dalam memilih produk produk yang dikonsumsinya  


Keywords


Awareness; Produk Halal; Titik Kritis; PKK

Full Text:

PDF

References


BPJH, (2021). Produk Halal, Antara Gaya Hidup dan Sadar Halal. Artikel, diakses 10 Mei 2022. http://halal.go.id/artikel/17

Kemendag, (2013). Peluang Bisnis Produk Halal di Prancis. Warta Ekspor. Ditjen PEN/MJL/004/4/2013 April Harun, Yessy, (2017). Potensi Industri Halal Dalam Menarik Wisatawan Muslim Mancanegara di Jepang. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Universitas Darman Persada. Volume V/No.1/ Maret 2017

Yunita, Hanna, (2018). Studi Tentang Peluang dan Tantangan Industri Pangan Halal Terhadap Perekonomian Indonesia. Skripsi Universitas Brawijaya Malang State Of Global Islamic Economy Report (SGIER), 2020.

Jais, Ahmad Sahir. (2014). “Halal in Mainstream Education: Where Are We Now and What The Future Holds for Halal Education.” International Seminar On Global Education II, February 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Azizah Az zakiyyah, Lestari Sukarniati, Firsty Ramadhona Amalia Lubis, Suripto Suripto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License