Prototipe Madrasah Antikorupsi di Sekolah Dasar Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Suyitno Suyitno, Lisa Retnasari, Sumaryati Sumaryati

Abstract


Korupsi merupakan masalah krusial yang kini terjadi di Indonesia. Oleh karenanya, dibutuhkan berbagai upaya pengenalan tentang budaya antikorupsi. Salah satunya melalui dunia pendidikan, baik pendidikan formal atau non formal. Kegiatan ini bertema “Prototipe Madrasah Antikorupsi” yang bertujuan untuk mengenalkan tentang pentingnya pendidikan antikorupsi yang harus dilakukan sejak dini melalui sekolah dasar yang memegang                           peranan penting untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang sesuai dengan cita-cita muhammadiyah. Metode pelaksanaan kegiatan dirancang dalam beberapa langkah, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi   perijinan dan koordinasi dengan mitra yaitu Sekolah Dasar Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi. Tahap pelaksanaan meliputi sosialisasi dan penyuluhan tentang menumbuhkan nilai-nilai antikorupsi dalam           pembelajaran dan integrasi nilai-nilai antikorupsi dengan nilai-nilai islam serta pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan budaya karakter antikorupsi. Tahap evaluasi berupa evaluasi dan penyusunan laporan kegiatan. Hasil kegiatan ini diantaranya pengetahuan tentang prototype madrasah antikorupsi di Sekolah dasar meningkat. Dampaknya dapat dirasakan oleh seluruh civitas sekolah khususnya dalam penyusunan kurikulum dan pembelajaran di dalam kelas.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Antikorupsi; Sekolah Dasar Unggulan Muhammadiyah; Prototype.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Suyitno, Trisna Sukmadi. (2019). Madrasah Antikorupsi TPA di Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat UAD.

Sukmayadi, Trisna, Suyitno. (2021). Habituasi Wawasan Kebangsaan dan Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kapanewon Depok Sleman Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat UAD.

Retnasari, Lisa dkk (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal SOLMA Vol. 08, No. 01, pp. 32-38;

Suyitno, Lisa Retnasari (2021). Penyusunan dan Pendampingan Kurikulum Madrasah Integritas pada Guru TPA Se-Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat UAD.

Sumaryati, Suyadi, and D. Hastuti. (2019). Pendidikan Anti korupsi di Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Yogyakarta: UAD Press.

Sumaryati. (2016). “Kontribusi Aksiologis Pendidikan Antikorupsi Dalam Mengembangkan Sikap Antikorupsi Mahasiswa Prodi PPKn UAD,” Yogyakarta.

Sumaryati. (2018). “Identifikasi Nilai-nilai Antikorupsi Perspektif Esensialisme,” Yogyakarta.

S. Sumaryati. (2021). “Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan,” in Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran PPKn Bermuatan Pendidikan Antikorupsi bagi Guru PPKn SMA dan SMK Kabupaten Kulon Progo, vol. 3, no., pp. 623–629.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suyitno Suyitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License