Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Elektronik Dan Pembelajaran Kreatif Di SD Muhammadiyah Wonosari Gunung Kidul

TRI KUAT, Arief Kurniawan

Abstract


Pengabdian Masyarakat sudah dilaksanakan di SD Muhammadiyah Wonosari desa Tawarsari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul yang di kelola oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wonosari. Permasalahan yang dihadapi adalah tentang memanfaatkan media pembelajaran elektronik dan pembelajaran kreatif. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan guru tentang pembelajaran kreatif serta mampu mengimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar dan meningkatnya ketrampilan guru dalam membuat media pembelajaran elektronik serta penggunaannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan memberi informasi kepada guru bagaimana melaksanakan kegiatan pembelajaran  kreatif.  Kegiatan   pelatihan berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran elektronik. Kegiatan pendampingan berupa mendampingi implementasi pembelajaran kreatif dan pembuatan media pembelajaran elektronik. Peran serta AUM adalah memberikan ijin kegiatan, mengundang semua guru, serta memberikan   fasilitas berupa sarana dan prasarana.Target luaran dari kegiatan PPM ini adalah satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui proceeding yang ber ISBN dari seminar nasional yang diselenggarakan oleh LPPM UAD, satu artikel yang diterbitkan Koran Bernas online, Video penyampaian materi pembelajaran kreatif dan cara membuat media pembelajatran yang diunggah di youtube LPPM, juga peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra. Adapun keterkaitan dengan AIK adalah setiap kegiatan diawali dengan membaca Al Quran dan kuliah tujuh menit tentang AIK

Keywords


media pembelajaran elektronik; pembelajaran kreatif; pelatihan

Full Text:

PDF

References


A. Ramli, “Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran”, Lantanida Journal, Vol. 4 No.1, 2016

F. Yani, S. Nana, Z. S. Mia, “Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar”, J. Kependidikan, vol 7, No. 1: Maret 2021

N. Wan, “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran”, Lentera, J. Diklat Keagamaan Padang. Vol. 5, No. 1, 2020.

Nurjanah, dkk. “Pelatihan Media Digital Whiteboard Animation pada Guru PAUD dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0” Jurnal Pengabdian Masyarakat Humanism, Vol. 3 No. 2, 2022.

N. Rini, Z. H. Syaiful, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK”, J. Universitas Labuhanbatu, vol. 8 No. 1, 2020

R. A. Dzulfiqar, Sutama, Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah Menengah dalam Pendemi Covid-19”, Journal of Informatics and Vocational Education, Vol. 3, No.2, 2020

S. Panut, R. Intan, “Kreatoivitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar”, J. Gentala Pendidikan Dasar, Vol. 2 No. 2, 2017.

Somba, Saraswati, “Pelatihan Metode Pembelajaran MASAK (Mudah, Asyik, Santai, Aktif, Kreatif) terhadap Penguasaan Kosakata dan Mendengarkan Bahasa Inggris Guru PAUD RA Bintang Sembilan Cipayung Depok”, Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat. ISSN: 2614-574X, 2020

Pembelajaran”, Lantanida Journal, Vol. 4 No.1 2016.

F. Yani, S. Nana, Z. S. Mia, “Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif

pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar”, J. Kependidikan, vol 7, No. 1: Maret 2021.

N. Wan, “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran”, Lentera, J. Diklat

Keagamaan Padang. Vol. 5, No. 1, 2020.

Nurjanah, dkk. “ Pelatihan Media Digital Whiteboard Animation pada Guru PAUD dalam

Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0” Jurnal Pengabdian Masyarakat Humanism, Vol.

No. 2, 2022.

N. Rini, Z. H. Syaiful, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran

Sistem Komputer di SMK”, J. Universitas Labuhanbatu, vol. 8 No. 1, 2020.

R. A. Dzulfiqar, Sutama, Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah Menengah

dalam Pendemi Covid-19”, Journal of Informatics and Vocational Education, Vol. 3, No.2,

S. Panut, R. Intan, “Kreatoivitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di Kelas V

Sekolah Dasar”, J. Gentala Pendidikan Dasar, Vol. 2 No. 2, 2017.

Judul manuskrip (Tiga kata pertama) (Penulis pertama) | 8

Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat; e-ISSN: 2686-2964

Somba, Saraswati, “Pelatihan Metode Pembelajaran MASAK (Mudah, Asyik, Santai, Aktif,

Kreatif) terhadap Penguasaan Kosakata dan Mendengarkan Bahasa Inggris Guru PAUD

RA Bintang Sembilan Cipayung Depok”, Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat.

ISSN: 2614-574X, 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 TRI KUAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License