Pembinaan Karang Taruna Cendrawasih dalam Mengembangkan Green Skills di Padukuhan Dukuh, Madurejo, Prambanan, Sleman

Pramudita Budiastuti, Eko Swi Damarwan, Adhy Kurnia Triatmaja, Hendrian Bayu Prasetyo

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh karang taruna Cendrawasih adalah 1) semangat kewirausahaan dan literasi pemanfaatan platform digital untuk pengembangan kewirausahaan berbasis Green Skill dari anggota Karang Taruna Cendrawasih dinilai masih rendah dan 2) pengetahuan Green Skill berupa Inovasi untuk menciptakan peluang kerja dari sumber daya wilayah masih rendah. Tujuan kegiatan PkM ini adalah: 1) meningkatkan keterampilan kewirausahaan berbasis Green Skill, dan 2) meningkatkan pengetahuan Green Skill berupa inovasi untuk menciptakan peluang kerja dari sumber daya wilayah. Metode untuk menyelesaikan permasalahan adalah dengan melakukan analisis potensi wirausaha, analisis potensi peluang kerja dari sumber daya wilayah, dan membentuk kelompok wirausaha. Setelah melakukan analisis, selanjutnya adalah menyelenggarakan workshop kewirausahaan berbasis Green Skill dan workshop inovasi untuk menciptakan peluang kerja dari sumber daya wilayah berbasis platform digital. Hasil analisis potensi wirausaha dan analisis potensi peluang kerja dari sumber daya wilayah yaitu pariwisata candi 40%, pariwisata alam 35%, persawahan 10%, perkebunan 10%, dan perairan sebesar 5%. Hasil analisis awal kesiapan wirausaha berbasis Green Skill dan inovasi untuk menciptakan peluang kerja dari sumber daya wilayah berada pada kategori siap sebanyak 16 orang atau 80%, dan sebanyak 4 orang atau 20%. Hasil analisis akhir yaitu sangat siap sebanyak 12 orang atau 60%, dan sebanyak 8 orang atau 40%.


Keywords


Digitalisasi; Green Skills; Inovasi; Karang Taruna; Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Wadu, L. B., Ladamay, I., & Jama, S. R. (2019). Keterlibatan Warga Negara Dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Karang Taruna. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 1-8.

Susanto, F., & Novitasari, T. (2019). Bentuk Kreativitas Pemuda Karang Taruna dalam Pembangunan Desa Bening. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(2), 25-28.

Sern, L. C., Zaime, A. F., & Foong, L. M. (2018, June). Green skills for green industry: A review of literature. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1019, No. 1, p. 012030). IOP Publishing.

Erwinsyah, E. (2021). Peluang Ekonomi Hijau dan Ketrampilan Hijau Menuju Netral Karbon Indonesia Tahun 2060. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 8(2), 159-181.

Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32-37.

Suwarni, E., Sedyastuti, K., & Mirza, A. H. (2019). Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital. Ikra-Ith Ekonomika, 2(2), 29-34.

Raul, Y. A. Y. (2019). Sinergisitas Antar Aktor Pemerintah dan Masyarakat Dalam Menerapkan Pariwisata Berkelanjutan di Candi Prambanan (Doctoral dissertation, STP AMPTA Yogyakarta).

Yuliani, A. T. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2).

Sugandi, F., & Suhaeni, T. (2019, August). Peran Kompetensi Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kinerja Usaha pada Industri Kreatif Subsektor Kerajinan di Kota Bandung. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 1374-1387).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pramudita Budiastuti, Eko Swi Damarwan, Adhy Kurnia Triatmaja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License