Pelatihan Pemasaran Digital Untuk Kelompok Tani Kakao Sari Mulyo, Gambiran, Gunungkidul, Yogyakarta

Nurkhasanah Nurkhasanah, Titisari Juwitaningtyas, Dyah Aryani Perwitasari

Abstract


Kapanewon Patuk berada di Kabupaten Gunung Kidul dan memiliki komoditas cokelat, yang memiliki mitra yaitu Kelompok Tani Sari Mulyo Gambiran. Bergerak dalam usaha perkebunan kakao dari penanaman hingga menjadi cokelat siap konsumsi. Saat ini, mitra telah mampu memproduksi kurang lebih 4 jenis produk cokelat yaitu cocoa butter, chocolate bar, chocolate drink, dan chocolate candy. Salah satu kendala mitra adalah pemasaran. Sehingga solusi yang akan dilakukan yaitu pelatihan pemasaran secara digital. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mitra mengenai pemasaran digital. Pelatihan dilaksanakan di rumah produksi kakao Kelompok Tani Sari Mulyo Gambiran dengan jumlah peserta 7 mitra yang mewakili 7 UMKM. Sebelum dan sesudah pelaksanaan pelatihan, diberikan kuesioner untuk menjajaki pengetahuan peserta mengenai pemasaran digital. Peserta didominasi wanita (62.5%). Sejumlah 50% mitra sudah mempunyai akun Instagram dan 90% mempunyai akun Facebook. Semua mitra belum mempunyai toko digital. Sebelum dan sesudah dilaksanakan pelatihan hanya 25% mitra yang menyatakan bahwa toko digital akan mempermudah pemasaran produk. Sebelum pelatihan, hanya 50% mitra yang mengetahui konsep pemasaran digital, dan sesudah pelatihan 100% peserta memahami konsep tersebut. Semua mitra mempunyai persepsi yang sama bahwa pemasaran digital tidak hanya menjual, namun juga memberikan edukasi. Pelatihan pemasaran digital ini mampu meningkatkan pengetahuan mitra mengenai konsep pemasaran digital.

Keywords


digital, Gunungkidul, kakao, pemasaran

Full Text:

PDF

References


Admin. (2021). Desa wisata nglanggeran menjadi salah satu desa wisata berkelanjutan di Indonesia.

Gumilang, R. R. (2022). Implementasi Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. 10(1), 9–14.

Jogjaprov. (2022). LADAKU (Layanan Data Koperasi dan UMKM). Jogjaprov. jogjaprov.go.id

Kharismawati R, Pratiwi D, Lubis IS, Laowo SJ, H. W. (2022). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Budidaya Ikan Lele Pada UMKM Griya Cendekia Desa Curug Gunung Sindur Bogor. JIMAWAbdi, 2(1), 40–46.

List Master Data Jogjaprov. (2022). Aplikasi Dataku. Jogjaprov. jogjaprov.go.id

Lustiono, C. F. (2020). Pengaruh media promosi digital atau online dan viral marketing terhadap keputusan pembelian pada belanjadolo online shop di Kecamatan Banjarnegara. Jurnal Medikonis STIE Tamansiswa Banjanegara, 20, 11–24.

Muslimah S, Hamid RS, A. M. (2021). Analisis Dampak Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online: Perspektif Marketing MIX. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 4(1), 137–150.

Perindustrian, K. (2010). Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 75/M-Ind/Per/7/2010 Tentang Pedoman Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (Good Manufacturing Practices). Kementerian Perindustrian, 358, 1–26.

RI, K. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama. Kemendikbud RI.

Sorotgunungkidul. (2022). Media Berita Online Gunungkidul. Gunungkidul Sorot Co. gunungkidul.sorot.co


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurkhasanah Nurkhasanah, Titisari Juwitaningtyas, Dyah Aryani Perwitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License