Literasi Membaca Menulis Berhitung Berbasis Pancasila Melalui Modular Instruction Bagi Santri Lansia Pondok Pesantren Sabilunnajah

ahmad nasir aribowo, Intan Kusumawati, Aji Permana Putra

Abstract


Latar belakang permasalahan santri lansia Pondok Pesantren Sabilunnajah antara lain: (1) sebagian besar santri lansia tidak lulus SD; (2) santri lansia mudah lupa dan sulit memahami materi ceramah keagamaan; (3) sebagian besar santri lansia tidak hafal dan memahami nilai-nilai Pancasila; (4) keterbatasan pengasuh pondok; (e) belum adanya materi umum khususnya materi dasar membaca, menulis dan berhitung. Tujuan utama kegiatan ini adalah: (1) pemberantasan buta aksara; (2) Meningkatkan kemampuan literasi membaca, menulis, dan berhitung; (3) Meningkatkan pemahaman dan praktik nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Metode yang digunakan adalah metode tindakan kelas yang dikembangkan sesuai kebutuhan, meliputi: (1) penyusunan modular instruction; (2) training of trainer; (3) sosialisasi program kegiatan; (4) pelaksanaan pelatihan selama 8 kali pertemuan. Jumlah santri lansia yang terlibat adalah 38 santri.

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan dan pemahaman membaca menulis berhitung berbasis Pancasila sebesar 35%. Sebelum pelaksanaan tindakan nilai rata-rata kemampuan dan pemahaman membaca menulis berhitung berbasis Pancasila adalah 60%. Sedangkan setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 95%. Dampak setelah dilakukannya kegiatan pengabdian adalah santri lansia mampu membaca, menulis, dan berhitung serta menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari khususnya selama kegiatan pembelajaran di Pondok. Santri lansia memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.


Keywords


Literasi, Pancasila, Santri Lansia

Full Text:

PDF

References


Amelia dkk. (2012). Dampak Pendidikan Keaksaraan terhadap Ekonomi Keluarga. Jurnal Diklus volume 16 Nomor 2. Yogyakarta: UNY

Ari Bowo, Ahmad Nasir dan Aini, Nurul. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Literasi. Surakarta: Kekata Publisher.

Azmi, Rizki dkk. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal. Volume 1, Nomor 1. hal. 1-12

Darwadi, MS. (2017). Media Baru sebagai Informasi Budaya Global. Surakarta: Journal Komunikator, Volume 9 Nomor 1.

Fuadi, Husnul, dkk. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 5, Nomor 2. hal. 108-116.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Angka Buta Aksara Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Maarif, Saiful. (2019). Membaca Rilis PISA dan Tantangan Literasi. Jakarta: Kemenag.go.id.

Maryono. 2016. Strategi Pemberantasan Buta Aksara melalui Penggunaan Teknik Metastasis Keluarga. Jurnal Pancaran, Volume 5 Nomor 1 hal. 55-66.

Pilgrim, Jodi dan Martines, Elda. (2013). Defining Literacy in the 21st Century: A Guide to Terminology and Skills. Texas Journal of Literacy Education. Volume 1, Issue 1 hal. 60-103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ahmad nasir aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License