PENERAPAN METODE SAL (STUDENT ACTIVE LEARNING) BERBASIS IPTEK DALAM PEMBELAJARAN DI TPA ALTERNATIF KARANGLO SOKOWATEN

Tri Yaumil Falikah, Yusuf Hanafiyah, Safika Maranti

Abstract


Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) dilaksanakan dengan mitra TPA Alternatif Karanglo, Sokowaten, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra meliputi tiga pokok permasalahan, yakni; 1) Sistem pembelajaran yang bersifat monoton, 2) Kemampuan tenaga pendidik dalam mendesain metode pembelajaran relatif rendah, 3) Kejenuhan peserta didik ketika pembelajaran dalam kelas. Tujuan PkM ini adalah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan pengembangan dalam metode pengajaran berbasis IPTEK di Taman Pengajaran al-Qur’an. Metode ini digunakan sebagai media untuk memfasilitasi santri untuk terlibat penuh dalam pembelajaran seperti berpikir, berdiskusi, menyelidiki, dan mencipta. Peserta penerapan metode SAL dalam pembelajaran ini adalah seluruh santri di TPA Alternatif. Pemberian materi dimulai dari pengenalan Metode SAL berbasis IPTEK secara umum kepada pengajar di TPA Alternatif Karanglo kemudian bagaimana praktek penerapannya kepada santri. Materi diakhiri dengan memberikan tugas mandiri bagi pengajar TPA untuk membuat dan mengembangkan sendiri Metode SAL berbasis IPTEK dalam pembelajaran di TPA Alternatif Karanglo. Dari peserta yang berjumlah 30 santri diharapkan semuanya dapat mengikuti penerapan metode SAL berbasis IPTEK dalam pembelajaran dari awal sampai akhir. Selain itu, pengajar TPA dapat memiliki alternatif metode pembelajaran yang lebih berfariasi dalam pengajaran di TPA. Evaluasi untuk mengukur keberhasilan dari kegiatan yang telah dilaksanakan, meliputi evaluasi proses, akhir, dan evaluasi tindak lanjut. Farida Fardani Azzukhruf selaku pengelola TPA Alternatif Karanglo menyampaikan bahwa motivasi belajar santri meningkat dan para pengajar memiliki refrensi metode pembelajaran yang lebih berfariasi dan tidak monoton

Keywords


Metode SAL (Student Active Learning); IPTEK; Pembelajaran Iqra’; TPA Alternatif Karanglo

Full Text:

PDF

References


Aruna, Alby, Laila Inayah, Mohamad Firzon Ainur Roziqin, and Abdul Rahman Prasetyo. 2021. “Rancang Desain Media Pembelajaran Berbasis Game Sejarah Perjalanan Jendral Soedirman Dalam Perang Gerilya Kabupaten Pacitan.” Jurnal Basicedu 5(5). doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1450.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saitifikdan Kontekstual DalamPembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ningsih, Yuslaili, and Hariyono Rakhmad. 2016. “Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa MTS. Raudlatul Ulum Kecamatan Panti Kabupaten Jember Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Video Conversation.” J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1). doi: 10.25047/j-dinamika.v1i1.130.

Rosiyanti, Hastri, Viarti Eminita, and Riski Riski. 2020. “Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6(1).

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra utama Offset.

Suprijono. 2009. Learning (Teori Dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syarifuddin. 2016. “Implementasi Active Learning Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Di MAPN 4 Medan Tahun 2016/2017.” Jurnal Sabilarrasyad 1(1):42–60

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saitifikdan Kontekstual DalamPembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ningsih, Yuslaili, and Hariyono Rakhmad. 2016. “Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa MTS. Raudlatul Ulum Kecamatan Panti Kabupaten Jember Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Video Conversation.” J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1). doi: 10.25047/j-dinamika.v1i1.130.

Rosiyanti, Hastri, Viarti Eminita, and Riski Riski. 2020. “Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6(1).

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra utama Offset.

Suprijono. 2009. Learning (Teori Dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syarifuddin. 2016. “Implementasi Active Learning Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Di MAPN 4 Medan Tahun 2016/2017.” Jurnal Sabilarrasyad 1(1):42–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tri Yaumil Falikah, Yusuf Hanafiyah, Safika Maranti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License