Edukasi Anak melalui Program GGM dan Pelestarian Lingkungan di Balikpapan sebagai Wilayah Penyangga IKN Nusantara

Andini Fadelia, Uni Wahyuni Sagena, Ester Febriana Purba, Mirna Hidaya Tullah, Untung Slamet, Muhammad Hasyim Mustamin, Dani Sartika, Mohd. Dino Khairri Sharifuddin

Abstract


Tulisan ini tentang hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang sasaran utamanya adalah anak-anak agar memiliki pengetahuan sosial-ekonomi sekaligus kesadaran lingkungan melalui program GGM (Gerakan Gemar Menabung) (GGM) dengan memanfaatkan limbah sambah menjadi celengen kreatif yang menarik.  Tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan, motivasi, dan edukasi anak-anak agar gemar menabung sejak dini dan menjadi kegiatan berkelanjutan hingga dewasa.  Anak diajari mengelola keuangan dengan menyisihkan uang agar kelak dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Kegiatan dilakukan di Balikpapan Barat yang merupakan salah satu wilayah penyangga Ibu Kota Baru Nusantara di Kalimantan Timur. Metode yang digunakan adalah edukasi dan sosialisasi dengan cara mengajar anak-anak secara  tatap muka, serta praktek/demonstrasi membuat celengan kreatif dari botol plastik bekas. Hasil kegiatan ini menunjukkan anak-anak kampung sangat antusias, termotivasi, dan memahami cara bijak dalam mengelola keuangan di masa mendatang, sekaligus juga berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan dengan mengurangi dampak dari sampah plastik yang merusak lingkungan


Keywords


Children Education, Saving, Plastic bottles, preservation Environment, IKN Nusantara

Full Text:

PDF

References


Anggarani, F. K., Satwika, P. A., & Setyowati, R. (2022). Pendampingan Program Edukasi Literasi Keuangan berbasis Pretend Play bagi Guru dan Orang Tua: Upaya Meningkatkan Gemar Menabung Anak Usia Dini. Smart Society Empowerment Journal, 2(1), 12. https://doi.org/10.20961/ssej.v2i1.60094.

CEIC Data. (2021).

Elyta, R., & Mutia, R. (2020). Kecil-kecil jago finansial (T. Awani (Ed.); 1 ed.). Laksana.

Google Inc. (2022). Peta Lokasi Kelurahan Marga Sari.

Kemendikbud. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V). In KBBI Online.

Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup (1 ed.). PT Kompas Media Nusantara.

Lestariningrum, A. dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini (B. A. Laksono (Ed.); 1 ed.). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Margaretha, E., & Nisa, K. (2021). Motivasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Di Desa Sei Kepayang Tengah. Comunitaria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–32.

Maulana, S. (2020). Manfaat Menabung Tradisional dengan Menggunakan Celengan untuk Kamu

.

Profil Kelurahan Marga Sari. (2022).

Rapih, S. (2007). Pendidikan Literasi Keungan Pada Anak: Men. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14–28.

Rohmah, M., Rahmadi, A., & Sagena, U. W. (2021). Peningkatan Kreativitas Kelompok Perempuan Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Modernisasi Pengolahan Pangan Lokal Di Wilayah Perbatasan, Kalimantan Timur. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 66–79. https://doi.org/10.25105/juara.v2i1.8728

Saragih, F. (2020). Pengelolaan Keuangan melalui Menabung pada Anak Sejak Dini di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i1.4236.

Sudaryana, B., & Agusiady, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Gunadi (Ed.); 1 ed.). CV Budi Utama.

Trisni, A., Febriyani, A., & Andriansyah, D. (2020). Pengantar Sosiologi (D. H. P. Simanjuntak (Ed.); 1 ed.). Yayasan Kita Menulis.

Anggarani, F. K., Satwika, P. A., & Setyowati, R. (2022). Pendampingan Program Edukasi Literasi Keuangan berbasis Pretend Play bagi Guru dan Orang Tua: Upaya Meningkatkan Gemar Menabung Anak Usia Dini. Smart Society Empowerment Journal, 2(1), 12. https://doi.org/10.20961/ssej.v2i1.60094.

CEIC Data. (2021).

Elyta, R., & Mutia, R. (2020). Kecil-kecil jago finansial (T. Awani (Ed.); 1 ed.). Laksana.

Google Inc. (2022). Peta Lokasi Kelurahan Marga Sari.

Kemendikbud. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V). In KBBI Online.

Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup (1 ed.). PT Kompas Media Nusantara.

Lestariningrum, A. dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini (B. A. Laksono (Ed.); 1 ed.). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Margaretha, E., & Nisa, K. (2021). Motivasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Di Desa Sei Kepayang Tengah. Comunitaria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–32.

Maulana, S. (2020). Manfaat Menabung Tradisional dengan Menggunakan Celengan untuk Kamu

.

Profil Kelurahan Marga Sari. (2022).

Rapih, S. (2007). Pendidikan Literasi Keungan Pada Anak: Men. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14–28.

Rohmah, M., Rahmadi, A., & Sagena, U. W. (2021). Peningkatan Kreativitas Kelompok Perempuan Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Modernisasi Pengolahan Pangan Lokal Di Wilayah Perbatasan, Kalimantan Timur. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 66–79. https://doi.org/10.25105/juara.v2i1.8728

Saragih, F. (2020). Pengelolaan Keuangan melalui Menabung pada Anak Sejak Dini di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i1.4236.

Sudaryana, B., & Agusiady, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Gunadi (Ed.); 1 ed.). CV Budi Utama.

Trisni, A., Febriyani, A., & Andriansyah, D. (2020). Pengantar Sosiologi (D. H. P. Simanjuntak (Ed.); 1 ed.). Yayasan Kita Menulis.

CEIC Data. (2021).

Elyta, R., & Mutia, R. (2020). Kecil-kecil jago finansial (T. Awani (Ed.); 1 ed.). Laksana.

Google Inc. (2022). Peta Lokasi Kelurahan Marga Sari.

Kemendikbud. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V). In KBBI Online.

Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup (1 ed.). PT Kompas Media Nusantara.

Lestariningrum, A. dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini (B. A. Laksono (Ed.); 1 ed.). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Margaretha, E., & Nisa, K. (2021). Motivasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Di Desa Sei Kepayang Tengah. Comunitaria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–32.

Maulana, S. (2020). Manfaat Menabung Tradisional dengan Menggunakan Celengan untuk Kamu.

Profil Kelurahan Marga Sari. (2022).

Pulungan, D. R. (2017). Literasi Keuangan Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Keuangan Masyarakat Kota Medan. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 17(1), 56–61. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v17i1.1180

Rapih, S. (2007). Pendidikan Literasi Keungan Pada Anak: Men. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14–28.

Rohmah, M., Rahmadi, A., & Sagena, U. W. (2021). Peningkatan Kreativitas Kelompok Perempuan Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Modernisasi Pengolahan Pangan Lokal Di Wilayah Perbatasan, Kalimantan Timur. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 66–79. https://doi.org/10.25105/juara.v2i1.8728

Saragih, F. (2020). Pengelolaan Keuangan melalui Menabung pada Anak Sejak Dini di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i1.4236.

Sudaryana, B., & Agusiady, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Gunadi (Ed.); 1 ed.). CV Budi Utama.

Trisni, A., Febriyani, A., & Andriansyah, D. (2020). Pengantar Sosiologi (D. H. P. Simanjuntak (Ed.); 1 ed.). Yayasan Kita Menulis.


Refbacks



Copyright (c) 2023 Andini Fadelia, Uni Wahyuni Sagena, Ester Febriana Purba, Mirna Hidaya Tullah, Untung Slamet, Muhammad Hasyim Mustamin, Dani Sartika, Mohd. Dino Khairri Sharifuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License