Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi SD Muhammadiyah Di Kelurahan Margoluwih, Kecamatan Seyegan

Ika Arfiani, Murien Nugraheni

Abstract


SD Muhammadiyah Gendol 7 merupakan salah satu sekolah dasar binaan Muhammadiyah di wilayah Kecamatan Seyegan. Melalui ijin operasional dengan nomor E-5/188.Iat/a/VII/1988 SD ini memiliki lima orang guru dengan jumlah total siswa 15 orang. Berdasarkan wawancara dengan kepala sekolahnya, SD ini kesulitan mencari siswa dikarenakan banyak SD lain disekitar lokasi yang memiliki fasilitas dan guru yang lebih kompeten, selain itu faktor kondisi fisik bangunan juga banyak yang mengalami rusak ringan. Sehingga para orang tua khawatir untuk menyekolahkan anaknya kesini. Selain itu kompetensi guru dalam menyediakan media pembelajaran terlebih dimasa pembelajran daring juga belum maksimal. Terlebih lagi bagi seorang pendidik, media pembelajaran dapat dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan materi yang telah direncanakan. Dalam menjalankan tugasnya sebagai guru, permasalahan yang dijumpai saat ini adalah kurangnya kemampuan guru dalam membuat desain untuk membuat materi pembelajaran. Desain yang kurang menarik mengakibatkan siswa tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran, materi tidak dapat disampaikan dengan baik dan akhirnya tujuan pembelajaran tidak tercapai. Kegiatan ini bertujuan memberikan Pelatihan Media Pembelajaran dan Pelatihan pemanfaatan email beserta file sharing di internet Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Muhammadiyah Gendol 7.

Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah prapelatihan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi.  Pada kegiatan pra pelatihan akan dibuat kuesioner untuk mengetahui kemampuan awal guru dalam membuat media pembelajaran dan pengetahuan tentang email dan file sharing, sehingga dapat dirancang materi yang sesuai dan menyusun modul pelatihan.  Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka langsung dan praktek kepada guru-guru yang kemudian diakhiri dengan pemberian tugas proyek untuk mengukur keberhasilan pelatihan.  Kegiatan pendampingan dilakukan untuk membantu guru dalam mengerjakan tugas proyek sehingga dapat dihasilkan desain untuk satu media pembelajaran dan terakhir adalah evaluasi pelatihan untuk  mendapatkan kritik dan saran untuk perbaikan kegiatan pelatihan berikutnya.

Hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya kompetensi guru dalam bidang Teknologi Informasi khususnya dalam membuat media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar dan peningkatan kemampuan guru dalam bidang file sharing di internet. Selain itu hasil pengabdian ini telah dipublikasikan pada seminar nasional, media massa online dan youtube dalam bentuk video

Keywords


media pembelajaran ; email ; file sharing ; Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Administrator. (2018). Pelatihan Gizi Bagi Guru TK/ PAUD, SD, SMP, SMA/SMK di Kabupaten Sambas. Retrieved from https://setjen.kemdikbud.go.id/setjen/berita-pelatihan-gizi-bagi-guru-tkpaud-sd-smp-smasmk-di-kabupaten-sambas-.html

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Kusnaeni, R., Chodijah, S. Ra., & Hamidah, H. F.-M. (2018). Peningkatan Kompetensi Dan Kinerja Tenaga Pendidik Paud Melalui Komunikasi Efektif. Jurnal Kehumasan (GUNAHUMAS), 1(2), 224–235.

Noviyana, H., & Kirana, A. R. (2018). Program Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Matematika Bagi Tutor PAUD dan Guru TK IT etia Bandar Lampung. Adiguna : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 21–27.

Purnomo, B., Martono, B., & Widayati, W. (2018). Pemberdayaan Guru Pos PAUD (PPT) Kuncup Ceria RW V Kelurahan Wonokromo, Surabaya Tentang Pembelajaran Aktif, Inovatif dan Menyenangkan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud. 2014. Isu-isu yang Menonjol dalam Evaluasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Yulianti, D., & Dewanti, S. . (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Taman Kana-Kanak Kota Semarang dalam Membuat Alat Bermain Sains dari Limbah. Jurnal Rekayasa, 13(2), 160–166.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ika Arfiani, Murien Nugraheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License