Peningkatan Kapasitas Bumkal dan Inisiasi Bank Sampah di Kelurahan Palbapang, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Hayati Mukti Asih, Isana Arum Primasari, Choirul Bariyah

Abstract


Pemerintah Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sedang menggiatkan dan

mewujudkan Program Bantul Bersih Sampah (Bersama) 2025 yang di launching pada 21 Oktober 2021. Program ini merupakan program yang diharapkan mampu memperbaiki proses

pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Bantul, khususnya Kelurahan Palbapang. Belum adanya pengeloaan sampah dilevel desa-dusun-RW yang terintegrasi dengan baik, rancangan pengelolaan sampah belum ada, serta pendirian Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) yang masih baru merupakan permasalahan utama. Sehingga perlu adanya penggambaran praktik baik yang nantinya akan digunakan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat Kalurahan Palbapang, melalui program bank sampah yang sampai saat ini masih menjadi salah satu program pengelolaan sampah level hilir dalam proses pemilahan sampah. Oleh karena itu, program pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kapasitas BUMKal dan menginisiasi bank sampah. Program ini dilakukan pada tanggal 20-21 Agustus 2022. Hasil dari program ini adanya peningkatan pengetahuan dari masyarakat Kelurahan Palbapang, Kabupaten Bantul.


Keywords


Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal); Bank sampah; Program Bantul Bersih Sampah

Full Text:

PDF

References


K. Bantul, “Pemkab Bantul Launching Bantul Bersama dan DiKal,” Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bantul, 2021. [Online].

Available: www.bantulkab.go.id/berita/detail/4759/pemkab-bantul-launching-bantul-bersama-dandikal. [Accessed: 10-Feb-2022].

D. Bantul, “Launching Bantul Bersama (Bersih Sampah 2025),” Website Resmi Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul, 2021. [Online]. Available: https://dikpora.bantulkab.go.id/berita/410-launching-bantul-bersama-bersih-sampah-2025. [Accessed: 10-Feb-2022].

A. Najib, “TPA Piyungan Overload, Pemkot Yogya Gelontor Dana Pengelolan Sampah Tiap Kelurahan,” iNewsYogya.id, 2022. [Online]. Available: https://yogya.inews.id/berita/tpa- piyungan-overload-pemkot-yogya-gelontor-danapengelolan-sampah/1. [Accessed: 15-Feb- 2022].

Ard, “Dukung Gerakan Bantul Bersama, UAD Teken Kerja Sama dengan Pemkab Bantul,” News UAD, 2021. [Online]. Available: https://news.uad.ac.id/dukung-gerakanbantul- bersama-uad-teken-kerja-sama-dengan-pemkab-bantul. [Accessed: 10-Feb-2022].

U. Linarti and A. Y. Astuti, “Knowledge Mapping pada Pengelola Bank Sampah di Kota Yogyakarta,” 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hayati Mukti Asih, Isana Arum Primasari, Choirul Bariyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License