Penyuluhan dan Pelatihan Pemasaran Digital di Kelurahan Brontokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Bank Sampah Kamulyan terletak di wilayah Kelurahan Brontokusuman RW 20-22, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Bank Sampah ini dikelola langsung oleh paguyuban warga sekitar yang hampir semuanya adalah ibu rumah tangga. Bank sampah ini mempunyai berbagai macam produk hasil pengolahan sampah seperti eco-brick, pupuk, maggot, dan lain-lain. Namun, permasalahan yang ada adalah anggota paguyuban ini belum memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memasarkan produk-produk tersebut. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pelatihan dan penyuluhan pemasaran digital. Program ini telah dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2022. Hasil dari program ini adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada pengelola dan anggota Paguyuban Bank Sampah Kamulyan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, T. (2020). Model Platform E-Commerce dalam Mendukung Kesuksesan UMKM di Indonesia. Jurnal Usaha, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.30998/juuk.v1i1.286.
Asih, H.M., dan Suhariyanto, T.T. (2021). Peningkatan produktivitas pembuatan detergen ramah lingkungan dengan penyusunan standard operating procedure (SOP) di Bank Sampah Kamulyan, Yogyakarta. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 147-154.
BPS. (2020). Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19. https://www.bps.go.id/publication/2020/06/01/669cb2e8646787e52dd171c4/hasil-survei-sosial-demografi-dampak-covid-19-2020.html.
Katawetawaraks, C., & Wang, C. L. (2011). Online Shopper Behavior: Influences of Online Shopping Decision. Asian Journal of Business Research, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.14707/ajbr.110012.
Sarwono, J., & Prihartono, K. (2012). Perdagangan Online : Cara Bisnis di Internet. Elex Media Komputindo
Suhariyanto, T.T., dan Asih, H.M. (2020). Pelatihan Detergen Ramah Lingkungan untuk Bank Sampah Kamulyan Wilayah Kelurahan Brontokusuman RW 20-22 Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 179-186.
Suhariyanto, T.T., Asih, H.M. (2021). Pemanfaatan Pemasaran Digital sebagai Strategi Promosi Produk Ramah Lingkungan pada Masa Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPM), 108-116.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tatbita Titin Suhariyanto, Hayati Asih, Muhammad Faishal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License