Pelatihan Penggunaan Canva dan Facebook Sebagai Media Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Wahyu Pujiyono, Amiratur Ratifah, Putra Rizqa Yasira

Abstract


Melalui blended learning, guru dapat melakukan pendekatan dengan metode pembelajaran menggunakan salah satu aplikasi media sosial yaitu Facebook namun perlu didukung dengan berbagai alternatif sumber belajar, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dalam membuat media pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan aplikasi Canva dan meningkatkan pemahaman guru dalam mengelola sistem pembelajaran melalui grup Facebook di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rentang waktu 6 bulan sejak bulan Juni sampai dengan bulan November 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada semester genap 2021/2022 dan semester ganjil 2022/2023. Kegiatan pengabdian ini telah menghasilkan peningkatan keberdayaan mitra berupa peningkatan pemahaman dan kemampuan guru SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dalam membuat media pembelajaran menggunakan Canva dan penerapannya melalui grup Facebook. Kegiatan pengabdian ini juga telah menghasilkan luaran berupa publikasi media massa online dan video kegiatan yang diunggah di Youtube. Tim pengabdian berharap kegiatan ini juga menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan pada seminar nasional hasil pengabdian kepada masyarakat LPPM UAD

Keywords


canva, facebook, media pembelajaran, media sosial

Full Text:

PDF

References


Chachil, K., Engkamat, A., Sarkawi, A., & Shuib, A. R. A. (2015). Interactive Multimedia-based Mobile Application for Learning Iban Language (I-MMAPS for Learning Iban Language). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 167, 267–273. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.673

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

Ibrahim, N., Wan Ahmad, W. F., & Shafie, A. (2015). Multimedia mobile learning application for children’s education: The development of MFolktales. Asian Social Science, 11(24), 203–215. https://doi.org/10.5539/ass.v11n24p203

Masood, M., & Thigambaram, M. (2015). The Usability of Mobile Applications for Pre-schoolers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1818–1826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.241

Mohamad, R. (2012). The design, development and evaluation of an adaptive multimedia learning environment courseware among history teachers. Procedia Technology, 1, 72–76. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2012.02.014

Mohamad, S. J. A. N. B. S., Asirvatham, D., & Khalid, H. H. M. (2012). Quality Framework for Assessment of Multimedia Learning Materials Version 1.0. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67(November 2011), 571–579. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.362

Panser, K. (2015). Fmipa201113.

Paulins, N., Balina, S., & Arhipova, I. (2015). Learning content development methodology for mobile devices. Procedia Computer Science, 43(C), 147–153. https://doi.org/10.1016/j.procs.2014.12.020

Por, F. P., Mustafa, Z., Osman, S., Phoon, H. S., & Fong, S. F. (2012). Design and Development of Multimedia Pronunciation Learning Management System for Non-Native English Speakers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64, 584–593. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.068

Prasetya, M. A. (2015). E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 319–338. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.797

Prasetyo, D. W. I. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Tik : E-Learning Materi Entrepreneurship Pendahuluan. GaneC Swara, 11(1), 51–56.

Pujiyono, W., & Hendriana, Y. (2015). Learning Media Introduction of Plant Species Based on Multimedia. International Journal of Scientific Engineering and Applied Science (IJSEAS), 5, 395–400.

Sarifudin, S., & Halimah, H. (2018). Manajemen Facebook Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 98–115. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.217

Tayebinik, M., & Puteh, M. (2012). Blended Learning or E-learning?

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

Ibrahim, N., Wan Ahmad, W. F., & Shafie, A. (2015). Multimedia mobile learning application for children’s education: The development of MFolktales. Asian Social Science, 11(24), 203–215. https://doi.org/10.5539/ass.v11n24p203

Masood, M., & Thigambaram, M. (2015). The Usability of Mobile Applications for Pre-schoolers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1818–1826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.241

Mohamad, R. (2012). The design, development and evaluation of an adaptive multimedia learning environment courseware among history teachers. Procedia Technology, 1, 72–76. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2012.02.014

Mohamad, S. J. A. N. B. S., Asirvatham, D., & Khalid, H. H. M. (2012). Quality Framework for Assessment of Multimedia Learning Materials Version 1.0. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67(November 2011), 571–579. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.362

Panser, K. (2015). Fmipa201113.

Paulins, N., Balina, S., & Arhipova, I. (2015). Learning content development methodology for mobile devices. Procedia Computer Science, 43(C), 147–153. https://doi.org/10.1016/j.procs.2014.12.020

Por, F. P., Mustafa, Z., Osman, S., Phoon, H. S., & Fong, S. F. (2012). Design and Development of Multimedia Pronunciation Learning Management System for Non-Native English Speakers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64, 584–593. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.068

Prasetya, M. A. (2015). E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 319–338. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.797

Prasetyo, D. W. I. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Tik : E-Learning Materi Entrepreneurship Pendahuluan. GaneC Swara, 11(1), 51–56.

Pujiyono, W., & Hendriana, Y. (2015). Learning Media Introduction of Plant Species Based on Multimedia. International Journal of Scientific Engineering and Applied Science (IJSEAS), 5, 395–400.

Sarifudin, S., & Halimah, H. (2018). Manajemen Facebook Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 98–115. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.217

Tayebinik, M., & Puteh, M. (2012). Blended Learning or E-learning?


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Guntur Maulana Zamroni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License