Penguatan Publikasi Produk Pembelajaran melalui Web-Blogging untuk Madrasah Ibtidaiyah

Unik Hanifah Salsabila, Anggi Pratiwi, Yazida Ichsan, Deslaely Putranti

Abstract


Pelatihan penguatan publikasi produk pembelajaran melalui web-blogging bertujuan untuk menambah wawasan para guru Madrasah Ibtidaiyah yang tergabung dalam komunitas Sekolah Tetangga terhadap media digital berbasis web-blogging untuk menyimpan dan mempublikasikan produk pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi adalah minimnya pengetahuan aksesibilitas media digital untuk menyimpan dan mempublikasikan produk pembelajaran, dan terbatasnya keterampilan mitra untuk mengoperasikan media digital untuk menyimpan dan mempublikasikan produk pembelajaran. Metode kegiatan berupa workshop penguatan media web-blogging sebagai alternatif penyimpanan dan publikasi digital produk pembelajaran dan bimbingan teknis pembuatan personal web-blogging menggunakan domain dan hosting profesional. Peserta terdiri dari 8 orang guru Madarasah Ibtidaiyah yang tergabung dalam komunitas Sekolah Tetangga. Pelatihan dilaksanakan pada pada tanggal 21 s.d. 22 Juni 2022 dan 20 s.d. 21 September 2022. Program ini melibatkan 3 orang dosen pengusul dari lintas disiplin ilmu, yakni teknologi pendidikan, digital ethics, serta studi islam. Hasil yang dicapai dari program ini adalah; (1) peningkatan pengetahuan terhadap media digital berbasis web-blogging; (2) peningkatan keterampilan pemanfaatan web-blogging; serta (3) peningkatan wawasan terhadap prosedur dan proses pendirian komunitas mandiri yang berbadan hukum.

Keywords


komunitas; madrasah ibtidaiyah; produk pembelajaran;publikasi; web-blogging

Full Text:

PDF

References


Alea, L. A., Fabrea, M. F., Roldan, R. D. A., & Farooqi, A. Z. (2020). Teachers’ Covid-19 awareness, distance learning education experiences and perceptions towards institutional readiness and challenges. In International Journal of Learning, Teaching and Educational Research (Vol. 19, Issue 6, pp. 127–144). Society for Research and Knowledge Management. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.8

Larson, L. C. (2008). Electronic Reading Workshop: Beyond Books With New Literacies and Instructional Technologies. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 52(2), 121–131. https://doi.org/10.1598/jaal.52.2.3

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443

Susanto, A. P., & Dartanto, T. (2020). Covid-19 in Indonesia: Challenges and Multidisciplinary Perspectives for a Safe and Productive New Normal. Acta Medica Indonesiana, 52(4), 423–430. https://www.researchgate.net/publication/348804232

Winarso, B. S., Wahyuningsih, I., Suyadi, Mulasari, S. A., & Kurniawan, M. R. (2022). Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi IX Tahun 2022. Bidang PkM Dan KKN LPPM UAD. https://drive.google.com/file/d/1-MDPkr3qjZjVMnO8_rTYmOGXYpCJ6cyk/view


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Unik Hanifah Salsabila, Anggi Pratiwi, Yazida Ichsan, Deslaely Putranti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License